Simpel, Ini Cara Transfer Uang ke Luar Negeri Lewat ATM

Ilustrasi: mesin ATMIlustrasi: mesin ATM

JAKARTA – Meski sekarang bisa menggunakan mobile banking dan internet lewat ponsel cerdas, masih banyak yang memilih melalui mesin . Pasalnya, cara mengirim dengan mesin ATM dinilai tidak rumit. Selain itu, sejumlah bank juga sudah menyediakan mesin ATM di banyak tempat, termasuk di luar negeri.

Dilansir dari Cermati, cara mentransfer uang ke luar negeri melalui ATM secara umum hampir sama dengan mengirim uang antar-bank atau sesama bank di dalam negeri. Sebelumnya, nasabah tentu harus mengetahui swift bank yang akan dituju. Informasi ini bisa diperoleh nasabah melalui pihak bank yang akan digunakan.

Setelah mengetahui kode bank yang akan dituju, masukkan kode tersebut dan juga bank tujuan sebagaimana yang diminta pada layar mesin ATM. Selalu pastikan memasukkan nomor dan juga nomor referensi dengan benar agar pengiriman uang dapat berjalan dengan lancar. Setelah selesai, simpan slip atau bukti transfer dengan baik sebagai pegangan jika sewaktu-waktu terjadi kesalahan atau hambatan dalam .

Untuk memudahkan nasabah mengirimkan uang melalui ATM, sejumlah bank Tanah Air juga sudah menyediakan mesin tersebut di beberapa negara tetangga. Salah satu bank BUMN, BNI, misalnya, saat ini telah menempatkan mesin ATM di Singapura dan Hong Kong. Bank tersebut juga telah memiliki enam cabang di luar negeri, seperti Singapura, Hong Kong, Seoul, Tokyo, New York, dan London yang melayani pembukaan rekening.

Meski demikian, karena lebih simpel dan bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja, pihak BNI saat ini tengah menggenjot nasabah mereka untuk melakukan transfer via mobile banking. Pihak bank sudah menambahkan layanan international remittance ke dalam aplikasi BNI mobile banking untuk memudahkan pengiriman uang ke bank-bank luar negeri sehingga nasabah tidak perlu mengunjungi kantor cabang bank.

“Layanan ini memiliki sistem otomatis sehingga tidak membutuhkan manual dari petugas bank serta telah dilengkapi layanan tracking melalui fitur SWIFT GPI,” papar Direktur Bisnis Konsumer BNI, Corina Leyla Karnalies, dilansir dari Bisnis. “Kiriman uang dapat ditujukan ke semua bank yang ada di seluruh dunia yang tergabung dalam jaringan SWIFT.”

Loading...