Ingin Lanjutkan Studi di Jerman? Begini Cara Membuka Rekening di Deutsche Bank

Cara Membuka Rekening di Deutsche Bank - fortune.comCara Membuka Rekening di Deutsche Bank - fortune.com

Jerman merupakan salah satu negara favorit di yang banyak dijadikan tempat melanjutkan studi bagi Indonesia. Pelajar Internasional menyukai negara Jerman karena yang tinggi serta adanya pembebasan biaya di sebagian besar universitasnya. Meskipun demikian, internasional umumnya tetap harus memberikan bukti bahwa mereka mempunyai dana untuk biaya hidup di Jerman selama setahun. Biasanya dana ini harus disetor ke bank nasional Jerman seperti Deutsche Bank untuk kemudian dibekukan sampai sang pelajar tiba di Jerman. Cara membuka atau blocked account di Deutsche Bank pun kabarnya tidak sulit.

Sejak 1 Januari 2020 lalu, pemerintah Jerman mengharuskan mahasiswa non-beasiswa/non-sponsor untuk mempunyai dana sebesar 10.236 euro sebagai syarat permohonan visa. Dana tersebut harus disetor ke rekening yang bisa dibekukan (blocked account/sperrkonto) di bank Jerman dan tidak dapat diakses hingga sang mahasiswa sampai di Jerman. Setibanya di Jerman, mahasiswa internasional diizinkan mengambil uang di rekening tersebut hingga 853 euro per bulan.

“Saat ini ada 4 bank yang memenuhi syarat untuk pengajuan visa bagi mahasiswa internasional asal Indonesia: Deutsche Bank, Fintiba, Expatrio, dan Coracle,” kata pihak Kedutaan Besar Jerman di Jakarta, seperti dilansir Hotcourses.

Khusus Deutsche Bank, pembukaan rekening blocked account hanya diperuntukkan mahasiswa dan peserta kursus bahasa saja. Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah mengunduh formulir pembukaan blocked account yang tersedia di situs resmi www.deutsche-bank.de. Formulir yang diunduh adalah untuk pelajar internasional berumur 18 tahun atau lebih.

Selanjutnya, baca petunjuk pengisian dengan saksama. Isi formulir dengan diketik komputer. Jika sudah, calon nasabah tak perlu membubuhkan tanda tangan karena kolom tanda tangan hanya boleh diisi di depan petugas kedutaan. Cetak formulir tersebut 2 kali dan simpan salah satunya sebagai dokumen pribadi.

Kemudian, buat janji dengan Kedutaan Besar Jerman Jakarta untuk melegalisir formulir itu. Jangan lupa membawa dokumen pendukung seperti paspor asli dan fotokopinya, rekening koran, fotokopi surat penerimaan dari universitas atau tanda bukti kursus dari bahasa. Ketika pengesahan tanda tangan formulir di kedutaan, pemohon akan dikenai biaya sekitar 30 euro (dibayar dalam ).

Berkas-berkas itu nantinya akan dikirimkan oleh Kedutaan Besar Jerman Jakarta ke pihak Deutsche Bank. Untuk pengiriman berkas, pemohon akan dikenai biaya sekitar Rp450 ribu. Pengajuan pembukaan rekening akan disetujui dalam waktu antara 3-4 minggu. Pihak Deutsche Bank akan mengirim nomor rekening lewat email. Setelah itu, pemohon dapat mentransfer dana ke rekening itu.

Pembukaan rekening baru di Deutsche Bank setidaknya membutuhkan biaya 150 euro dan 70,8 euro untuk biaya administrasi bulanan selama 12 bulan. Jadi, jumlah dana yang harus ditransfer adalah 10.235 euro + 150 euro + 70,8 euro, yakni 10.455,8 euro.

Loading...