Cantik untuk Bonsai & Taman, Segini Harga Bibit Beringin Korea

Ilustrasi : Pohon Beringin Korea - www.tukang-taman.id

JAKARTA – Siapa bilang pohon beringin hanya memancarkan aura mistis dan angker? Pohon yang identik dengan bentuk tinggi dan kekar tersebut ternyata juga bisa membuat halaman rumah Anda asri dan indah, terutama jika dibuat bonsai. Jika tidak percaya, Anda bisa mencoba menanam beringin yang saat ini bibitnya ditawarkan dengan berkisar Rp20 ribu sampai Rp75 ribuan.

“Pohon beringin Korea saat ini memang banyak digunakan untuk karena dinilai memancarkan keindahan, sekaligus dapat mengangkat gengsi (kemewahan) suatu rumah, dikatakan sebagai tanaman mahal kelas premium,” tulis situs Centralbonsai.com. “Selain itu, tanaman beringin Korea ini juga dapat digunakan untuk bonsai.”

Sementara itu, dilansir dari Kumparan, berdasarkan perkembangannya, bonsai beringin memang telah berhasil mengalahkan pamor dari bonsai asam Belanda ataupun asam Jawa. Bonsai beringin disukai karena memiliki badan yang besar dan tidak mudah mati. Selain itu, pohon beringin juga memiliki karakter bentuk batang dan akar yang atraktif, dan bisa ditanam di sekitar taman rumah untuk dijadikan tanaman .

Di sendiri, pohon beringin yang sudah diubah menjadi bonsai memiliki harga yang relatif mahal. Dalam salah satu pameran di Medan pada tahun 2105 lalu, bonsai pohon beringin pernah dilepas dengan harga mencapai Rp35 jutaan. “Bonsai ini pengerjaannya sulit, selain juga sudah pernah menang kontes,” ujar salah satu staf pameran bernama Julia Handayani.

Nah, jika Anda tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, Anda bisa membuat bonsai beringin sendiri di rumah. Anda cukup menyiapkan bonggol tanaman beringin yang sudah cukup besar dan ideal, siapkan pot untuk menanam pohon beringin, media tanam untuk bonsai beringin, kawat stainless steel 3 mm, dan mulai menggunting tanaman.

Namun, sebelum mulai membentuk bonsai, Anda tentunya perlu memiliki pohon beringin terlebih dahulu. Di pasaran, pohon beringin Korea saat ini dengan harga mulai Rp20 ribuan. Namun, ada juga yang melepas di kisaran harga Rp35 ribu sampai Rp75 ribuan. Sementara, jika sudah berbentuk tanaman hias, harganya mencapai jutaan .

Loading...