Cantik tapi Beracun, Berapa Harga Ikan Lionfish?

Ikan LionfishIkan Lionfish

JAKARTA – Anda pernah mendengar ikan bernama lionfish? Ini adalah ikan yang punya bentuk namun sangat beracun. Anehnya, ikan lionfish saat ini juga kerap dijadikan santapan atau karena dinilai memiliki yang lezat, terutama di restoran-restoran mewah. Ikan ini sendiri cukup banyak di beberapa situs beli dengan puluhan ribu per ekor.

Dilansir dari Detik Food, ikan lionfish, atau ikan lepu, termasuk dalam genus Pterois dan banyak ditemui di kawasan Indo-Pasifik. Ciri khas ikan ini adalah memiliki sirip yang panjang berduri runcing di bagian punggung dan sisi tubuhnya. ikan lionfish umumnya belang merah, putih, dan hitam, yang terlihat eksotis dan karenanya sering dijadikan penghias akuarium besar.

Karena penampilannya yang keren, lionfish juga menarik perhatian ikan-ikan besar yang siap memangsa. Karena itu, ikan ini punya pertahanan duri-duri yang terlihat seperti sayap dan rumbai di sepanjang tubuhnya. Duri-duri ini mengandung racun yang bisa membunuh ikan-ikan besar atau belut yang mau memangsa. Meski cukup kuat, racun lionfish tidak cukup untuk membunuh manusia. Namun, kita bisa merasa pusing, sakit luar biasa, muntah-muntah, dan kesulitan bernapas jika terkena racunnya.

Populasi ikan lionfish sendiri kabarnya semakin bertambah dan mulai memasuki wilayah yang bukan habitatnya. Lionfish memakan ikan yang lebih kecil serta moluska, sedangkan hanya sedikit yang menjadi predator lionfish karena racun di siripnya. Beberapa kerapu besar mungkin memangsanya tanpa terkena racunnya, namun kerapu sendiri sudah terancam punah.

“Jika kita tidak melakukan apa-apa terhadap lionfish, maka dalam 20 tahun, hanya akan ada ikan ini di lautan,” ujar pemilik restoran Criterion di Bogota, Jorge Rausch. “Karena itu, saya menyajikan lionfish sebagai hidangan mewah di restoran. Bukan sekadar untuk mengurangi populasi ikan ini, melainkan juga karena lionfish memiliki rasa yang lezat.”

Meski di Indonesia ikan lionfish masih jarang dimanfaatkan sebagai sajian kuliner, namun sudah banyak pedagang yang menawarkan ikan ini, terutama sebagai penghias akuarium. Di beberapa situs jual beli online, satu ekor ikan lionfish sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp40 ribu sampai Rp89 ribuan, tergantung jenisnya.

Loading...