Cadangan Devisa Naik, Rupiah Rebound di Awal Selasa

Rupiah - okezone.comRupiah - okezone.com

JAKARTA – mampu rebound pada pembukaan Selasa (9/4), didukung Indonesia yang menunjukkan kenaikan tertinggi selama 11 bulan. Menurut catatan Index, Garuda mengawali dengan menguat 12 poin atau 0,08% ke level Rp14.155 per . Sebelumnya, spot berakhir melemah 34 poin atau 0,24% di posisi Rp14.167 per pada Senin (8/4) kemarin.

Bank Indonesia baru saja melaporkan bahwa cadangan devisa di akhir Maret 2019 kemarin mencapai angka 124,5 miliar dolar AS, mengalami kenaikan 1,2 miliar dari posisi bulan sebelumnya, atau posisi tertinggi selama 11 bulan terakhir. Posisi cadangan devisa tersebut dikatakan setara dengan pembiayaan 7,0 bulan impor atau 6,8 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

“Posisi cadangan devisa berada di atas standar kecukupan internasional sekitar 3 bulan impor,” papar Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia, Onny Widjanarko. “Bank Indonesia menilai cadangan devisa tersebut mampu mendukung ketahanan sektor eksternal serta menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan.”

Menurut Analis Asia Tradepoint Future, Deddy Yusuf Siregar, dalam dua hari terakhir, belum ada data yang bisa memberikan dampak besar bagi pergerakan nilai tukar secara signifikan. Meskipun, AS sempat merilis angka pengangguran yang tumbuh 3,8%. Pelaku sendiri belum mau berspekulasi, sehingga rupiah cenderung konsolidasi.

“Besok (hari ini) pergerakan rupiah masih ada potensi untuk menguat, kalau melemah pun masih di kisaran terbatas,” kata Deddy. “Ini karena, jika diperhatikan, pasar sudah mulai kembali melirik rupiah meskipun sepekan ke depan Tanah Air akan menghadapi musim pemilu. Tetapi, investor dan pasar masih percaya dengan fundamental kita, sehingga rupiah berpeluang bergerak di kisaran Rp14.100 hingga Rp14.200 per dolar AS.”

Loading...