Bursa Terbesar Korea Selatan Diinvestigasi, Nilai Bitcoin Jatuh ke Level Terendah 3 Minggu

Bitcoin - www.foundationsa.comBitcoin - www.foundationsa.com

Hari ini, Sabtu (12/5), berada di level 8.454,56 atau sekitar Rp 118 jutaan jika dikonversikan dalam , naik tipis sebesar 0,58 persen setelah dibuka pada posisi 8.406,17. Sepanjang hari ini telah bergerak pada kisaran angka USD 8.391,25 hingga USD 8.469,27 dengan pangsa mencapai USD 144 miliar.

Harga Bitcoin jatuh pada hari Jumat (11/5) dan kembali membuatnya terlempar di bawah level USD 9.000 karena dipicu kekhawatiran para akan jangka panjang. Pada tengah hari kemarin cryptocurrency populer di dunia ini menginjak level terendah 3 minggu di angka USD 8.500. Bitcoin dilaporkan telah turun 5,45 persen sejak kemarin.

Alasan nilai bitcoin jatuh bisa jadi karena bursa pertukaran digital terbesar di Korea Selatan, Upbit belum lama ini tengah diinvestigasi oleh pihak berwenang setempat seiring dengan meningkatnya kewaspadaan terhadap virtual. Pihak Upbit juga telah mengonfirmasi kabar tersebut lewat sebuah pernyataan di situsnya, Jumat (11/5). Bursa yang berbasis di Seoul ini mengatakan akan sepenuhnya bekerjasama dengan pihak berwenang dan menambahkan bahwa masih dapat melakukan perdagangan dan mengakses dana mereka.

Penyidik dilaporkan telah menggerebek kantor utama Upbit pada Kamis dan Jumat untuk menyita hard disk dan catatan akuntansi sebagai bagian dari penyelidikan penipuan yang berasal dari kekhawatiran tentang kemungkinan penyalahgunaan dana investor. “Kami telah mengamankan hard disk dan buku akuntansi melalui penyitaan. Analisis diperkirakan akan memakan waktu berhari-hari,” demikian bunyi pernyataan Kantor Kejaksaan Korea Selatan, seperti dilansir The Street.

Kabar tersebut tentunya mengguncang pasar kripto dan mengakibatkan bitcoin jatuh ke level terendah 3 minggu. Seperti diketahui, Upbit adalah bursa pertukaran crypto terbesar keempat di dunia. Pasalnya Korea Selatan merupakan salah satu pasar terbesar di dunia untuk bitcoin dan kripto lainnya. Menurut CryptoCompare, won Korea Selatan adalah mata uang keempat yang paling banyak digunakan tahun lalu dalam perdagangan bitcoin setelah dolar AS, yen Jepang, dan euro.

Loading...