Buka Penerimaan Santri Baru Mulai 5 Syawal, Ini Rincian Biaya Pesantren Al Fachriyah

Pesantren Al Fachriyah - www.alfachriyah.orgPesantren Al Fachriyah - www.alfachriyah.org

Al Fachriyah adalah sebuah ponpes yang berlokasi di Jalan Prof. Dr. Hamka No. 1, Larangan Selatan, Kota , 15154. Ponpes yang dikelola oleh Yayasan Al Fachriyah ini beraliran Ahlu Sunah Waljama’ah yang berpegang teguh pada Alquran, hadis Nabi Muhammad SAW, Ijmak, dan Qiyas, yang bermazhab kepada Imam Syafi’i, furu’ fiqih, Aqidah Al ‘Asy’ariyah, dan Thoriqoh Alawiyyah.

“Tujuan Yayasan Al Fachriyah adalah mencetak pribadi yang menghambakan dirinya kepada Allah dengan sepenuh hati, menyampaikan Syariat secara murni, benar dan jelas dengan menanamkan sifat kepedulian untuk menyampaikan apa yang telah dipelajari kepada umat dengan jelas dan tepat,” demikian seperti dilansir dari resminya.

pendidikan yang diselenggarakan di Pesantren Al Fachriyah meliputi ilmu fiqih, aqidah, tasawuf, Alquran beserta tafsirnya, hadis, mustholahul hadits, siroh/sejarah Islam, Bahasa Arab, hingga nahwu dan shorof. Setiap tahunnya Pondok Pesantren Al Fachriyah menerima santri baru yang hanya dilakukan dari tanggal 5 Syawal hingga 20 Syawal.

Syarat pendaftaran Ponpes Al Fachriyah pun cukup mudah, calon santri diwajibkan memiliki niat yang sungguh-sungguh dalam menuntut ilmu syariat Islam, memiliki akhlak yang baik, tidak menerima calon santri yang sulit dididik oleh orang tuanya, mampu baca tulis Arab, telah hafal Alquran juz 30, dan telah menandatangani surat perjanjian antara orang tua/wali santri, calon santri, dengan pengasuh pondok pesantren.

Selain itu, calon santri juga diharuskan membayar uang pangkal sebesar Rp 1 juta, membayar Syahriah bulan pertama saat memasuki pondok pesantren sebesar Rp 750 ribu, mengisi formulir pendaftaran, serta mengumpulkan foto berwarna ukuran 2 x 3 sebanyak 2 lembar dan foto ukuran 4 x 6 sebanyak 2 lembar. Bagi calon santri fakir miskin diharapkan untuk menyertakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan.

Tak hanya menyediakan pondok pesantren, Yayasan Al-Fachriyah juga rutin mengadakan pengajian, pengkaderan dai, seminar, pesantren kilat, majelis, hingga perkumpulan zikir. Jadwal pengajian maupun informasi seputar penerimaan santri baru biasanya diumumkan melalui website resmi dan akun media sosial Al Fachriyah.

Loading...