Buka Pendaftaran Mahasiswa Baru, Ini Rincian Biaya Pondok Pesantren Al Hikam Malang

Pondok Pesantren Al Hikam Malang - wikimapia.orgPondok Pesantren Al Hikam Malang - wikimapia.org

Selain , tokoh NU KH. Hasyim Muzadi juga mendirikan Pondok Pesantren Tinggi Ma’had Aly (STAIMA) Al Hikam di Kota , Jawa Timur, tepatnya berlokasi di Jalan Cengger Ayam No. 25. Di lembaga setingkat universitas ini memiliki 3 program studi, yakni prodi Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI), Prodi Manajemen Islam (MPI), dan Prodi Agama Islam (telah mengantongi akreditasi A dari BAN PT).

Sejak didirikan tahun 2003 silam, Ketua STAIMA Al Hikam Malang Prof Dr Kasuwi Saiban MAg menilai respons masyarakat cukup antusias. “Hal ini terbukti dengan semakin banyaknya peminat/mahasiswa baru yang semakin meningkat. Tahun ini (2017), mahasiswa baru yang teregistrasi berjumlah 220 orang. Ada kenaikan yang signifikan dibanding tahun sebelumnya,” ujar Kasuwi tahun lalu, seperti dilansir Radar Malang.

Seperti halnya tahun-tahun sebelumnya, pada tahun 2018/2019 ini Pondok Pesantren Al Hikam Malang juga kembali membuka santri baru yang terbagi menjadi 3 gelombang, gelombang I dibuka pada 2 Februari-2 Mei 2018, gelombang II 3 Mei-11 Juli 2018, dan gelombang III tanggal 12 Juli-5 September 2018. Adapun gelombang I Rp 150 ribu, gelombang II Rp 200 ribu, dan gelombang III Rp 250 ribu.

Sementara itu, biaya pendidikan di Ponpes Al Hikam Malang memang terkenal murah. Biaya kuliah atau SPP semua prodi bagi santri mukim dikenai Rp 500 ribu per bulan dengan biaya her-registrasi per semester Rp 150 ribu. Sedangkan untuk mahasiswa non-mukim jurusan MPI dan PGMI dikenai SPP bulanan Rp 150 ribu dan her per semester Rp 150 ribu, kemudian prodi PAI SPP per bulannya Rp 200 ribu dan biaya her-registrasi pun sama, Rp 150 ribu.

Tak hanya membuka pendaftaran kuliah untuk kelas reguler saja, Pondok Pesantren Al Hikam Malang juga menyediakan kelas subsidi atau beasiswa yang ditujukan bagi calon mahasiswa yang hafidz Alquran dan menguasai kitab kuning. Fasilitas yang ada di Al Hikam Malang pun cukup lengkap, mulai dari masjid, asrama santri (khusus kelas mukim), perpustakaan berbasis informasi, koneksi wifi, lapangan olahraga, laboratorium microteaching, lab bahasa dan komputer, minimarket, poliklinik, hingga kelas berbasis ICT.

Loading...