Buka Pendaftaran Jenjang MTs & MA, Ini Rincian Biaya Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta

Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta - ibshidayatullah.sch.idPondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta - ibshidayatullah.sch.id

Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta adalah sebuah yang dikelola oleh Yayasan As-Sakinah. Ponpes satu ini menyelenggarakan berupa Madrasah Tsanawiyah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA) Hidayatullah.

“Dengan sistem pendidikan yang berbasis pada nilai-nilai tauhid, peserta didik diantarkan tidak hanya untuk memiliki keunggulan akademik (tsaqafah), tetapi, lebih jauh dan berharga, mereka dididik dan ditempa sedemikian rupa agar memiliki karakter (syakhshiyyah) yang unggul dan kokoh sesuai dengan nilai-nilai rabbaniyah yang telah diturunkan oleh Allah kepada para Nabi dan Rasul-Nya,” demikian bunyi klaim Ponpes Hidayatullah Yogyakarta di resminya.

Tahun ajaran 2018/2019 ini Ponpes Hidayatullah Jogja membuka penerimaan santri baru (PSB) yang pendaftarannya dibuka sejak 7 November 2017 lalu. untuk masuk ke ponpes yang terletak di Jalan Palagan Tentara Pelajar KM 14,5 Balong, Donoharjo, Ngaglik, Sleman ini sebesar Rp 200 ribu.

Calon santri yang hendak mendaftar ke Ponpes Hidayatullah Yogyakarta harus mengikuti observasi yang meliputi tes tulis, tes baca Alquran, dan wawancara atau interview. Adapun untuk biaya pendidikan di Ponpes Hidayatullah dibedakan berdasar jenjang dan gelombang pendaftaran.

Biaya masuk gelombang 1 MTs Putra Hidayatullah dikenai mulai Rp 12.641.000, kemudian untuk MTs Putri gelombang 1 biaya pendidikannya mulai Rp 11.041.000. Sedangkan untuk jenjang MA putri gelombang 1 ditarik biaya pendidikan mulai Rp 10.041.000. Total biaya tersebut mencakup biaya pendaftaran, infaq pengembangan institusi yang boleh dicicil selama 1 tahun, biaya depan, kasur, lemari pakaian, biaya kegiatan, serta biaya bulanan (SPP, makan, dan keasramaan).

Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta memiliki beberapa program unggulan seperti tahfizh Quran serta qiraatul kutub Bahasa Arab dan Inggris. yang tersedia dalam ponpes pun cukup lengkap, mulai dari masjid, ruang kelas yang memadai, kantor madrasah, hingga asrama santri.

Bahkan Ponpes Hidayatullah kerap mengadakan Daurah Alquran bersanad khusus ilmu tajwid. Kegiatan tersebut dilakukan untuk menuntaskan target standardisasi bacaan Alquran bersanad. “Mereka yang dapat sanad itu adalah lecutan bagi kita yang belum dapat. Siapkan saja hafalan dan yang lainnya untuk diujikan di dauroh al-Qur’an berikutnya. Insya Allah ini bukan kesempatan terakhir, nanti kita akan adakan daurah selanjutnya,” kata Rifa’i selaku ustaz pemateri dauroh al-Qur’an dan pemberi sanad tajwid, seperti dilansir Hidayatullah.

Loading...