Buka Peluang Kuliah di Luar Negeri, Berapa Biaya Sertifikat A-Level?

Cambridge University - www.dailymail.co.ukCambridge University - www.dailymail.co.uk

Selain kurikulum , entah itu KTSP 2006 atau Kurikulum 2013, banyak sekolah di Indonesia yang menerapkan kurikulum internasional, salah satunya Kurikulum Cambridge atau Cambridge International A-Level. Namun, jika sekolah Anda belum menerapkan kurikulum ini, Anda bisa belajar melalui pendidikan atau dengan sekitar 49 pound sterling atau setara Rp857 ribuan untuk mendapatkan sertifikat tersebut.

“Kurikulum Cambridge International A-Level mempersiapkan pelajar untuk sukses di masa depan, terutama menghadapi masyarakat ,” papar Regional Director for Southeast Asia & Pacific Cambridge International Examinations, Ben Schmidt. “ ini menjamin empat hal, yaitu kefasihan bahasa Inggris, cara pandang internasional, pendidikan yang terbaru dan modern, serta kesempatan kuliah di kampus terbaik dunia.”

Di lingkup nasional, meski memiliki cara pandang internasional, kurikulum ini tetap memperhatikan aspek lokalisasi Indonesia. Jadi, sekolah yang menggabungkan kurikulum nasional dan Cambridge sudah bisa mengakomodasi dua kurikulum tersebut. “Mereka yang sudah punya pemetaan kurikulum sehingga tidak tumpang tindih,” timpal Senior Manager Cambridge International Examinations for Indonesia, Dianindah Apriyani.

Salah satu keunggulan dari kurikulum ini, di antaranya melatih siswa berpikiran kritis, analisis, termasuk kemampuan presentasi hingga menyelesaikan masalah, sehingga diharapkan siswa menjadi lebih percaya diri ketika berbicara di depan umum. Para siswa juga dapat memilih pelajaran yang memang diminati dan dikuasai dengan baik.

“Program A-Level sangat baik karena saya dapat berfokus pada studi saya. Dibandingkan dengan IB, mata pelajaran yang kami pelajari lebih sedikit, tetapi pengajarannya lebih mendalam,” kata Peyman Norouzi, siswa asal Iran yang belajar A-Level di EF Academy Torbay. “Saya senang mengetahui bahwa A-Level adalah kualifikasi yang dihormati di AS, yang artinya tidak akan ada masalah jika saya mendaftar ke universitas di negara tersebut.”

Seperti diutarakan sebelumnya, selain di sekolah, kurikulum A-Level juga dapat ditemukan di berbagai lembaga kursus bahasa Inggris. Di Jack Study Aboard misalnya, lembaga yang memiliki afiliasi dengan Bellerbys College ini menawarkan program A-Level dengan biaya mulai 49,020 pound sterling atau sekitar Rp857 ribuan dengan masa studi dua tahun atau 6 periode akademik.

Loading...