Budidaya Cabe Merah Keriting dalam Polybag, Solusi Saat Harga Cabe Meroket

Cabe Merah Keriting - www.bukalapak.comCabe Merah Keriting - www.bukalapak.com

Cabe termasuk utama di Indonesia karena sebagian besar masakan di Indonesia diolah dengan menggunakan cabe. Jenis cabe pun ada bermacam-macam, misalnya cabe rawit, cabe keriting, hingga cabe merah besar. Sayangnya harga cabai di Tanah Air cukup fluktuatif. Jika sedang meroket, masyarakat cukup kesulitan untuk menemukan dan membeli cabe di . Oleh sebab itu terus mengimbau masyarakat untuk mau menanam atau budidaya cabe di rumah. Tujuan menanam cabe adalah agar ketika harga sedang naik, masyarakat bisa memanen cabe sendiri dari pekarangan rumahnya.

“Tidak perlu beli ke pasar. Tinggal petik di depan rumah. Kebetulan pas harganya lagi mahal ini sudah mulai ,” kata Kamsiati, salah satu Kelurahan Margadana, Kecamatan Margadana, Tegal, seperti dilansir Okezone.

Budidaya cabe merah keriting sebenarnya bisa dilakukan dengan memanfaatkan media tanam seperti pot atau polybag. Ukuran polybag yang baik atau ideal untuk menanam cabe berkisar dari 20-30 cm. Beberapa petani cabai biasanya menyarankan untuk menggunakan polybag ukuran 25 cm atau 30 cm. “Saya sarankan yang ukuran 30 cm agar cabe dapat maksimal dan dapat berdiri kokoh,” kata salah satu pembudidaya cabai, seperti dilansir Petanisukses.

Cara menanam cabe merah keriting dalam polybag pun cukup mudah. Langkah pertama tentu saja memilih bibit cabe yang berkualitas dan masih segar. Kupas cabe, lalu ambil bijinya dan jemur di bawah sinar matahari sampai kering. Jika tidak sempat menjemur, bisa juga membeli bibit cabe yang tersedia di toko-toko.

Setelah menemukan bibit cabe rawit atau cabe keriting yang bagus, tahap berikutnya adalah menyemai cabe dalam polybag. Masukkan tanah dan pupuk dalam polybag dengan perbandingan 3 : 1 hingga tingginya mencapai bagian atas polybag, masukkan juga bibit cabe pada polybag dan tutupi dengan tanah kira-kira kedalaman 1 cm. Jangan lupa untuk menyiraminya setiap hari.

Selama masa penyemaian, sebaiknya biarkan cabe berada pada tempat yang terlindung dari hujan dan sinar matahari selama 1 minggu. Jika sudah mulai berkecambah, tanaman cabe bisa mulai diperkenalkan dengan sinar matahari langsung. Selama masa penanaman, jangan lupa untuk rajin-rajin memberi pupuk seperti kompos agar tanaman cabe merah keriting di rumah bisa ditanam secara . Usahakan pula untuk membersihkan tanaman cabe dari tumbuhan liar yang bisa mengganggu pertumbuhan cabe.

Loading...