Booming K-pop di Indonesia, Perusahaan Korea Ketiban Untung

Popularitas Artis K-pop di Indonesia - koreanarea.comPopularitas Artis K-pop di Indonesia - koreanarea.com

JAKARTA/SEOUL – Booming K-pop di Indonesia ternyata tidak hanya memberikan keuntungan bagi , tetapi juga perusahaan-perusahaan asal Negeri Ginseng. Semakin banyak perusahaan yang memanfaatkan popularitas artis K-pop untuk menancapkan kuku mereka di terbesar Asia Tenggara, termasuk Samsung Electronics, LG, hingga Amore Pacific.

Dilansir dari Nikkei Asia, LG Household & Health Care dan Amore Pacific menggunakan ketenaran para pesohor K-pop sebagai model untuk mengiklankan dan menjual secara di Indonesia. Raksasa ritel Korea Selatan lainnya, GS Group, juga berencana memperluas jaringan gerai mereka di Tanah Air.

Tidak cuma asal Negeri Ginseng, perusahaan Indonesia juga memanfaatkan ketenaran selebritas K-pop. Perusahaan e-niaga, Tokopedia, telah mengontrak boyband top Korea, BTS, dan girlband populer, Blackpink, sebagai duta merk. Langkah tersebut membantu Tokopedia untuk mendapatkan kembali posisinya sebagai platform e-niaga yang paling banyak dikunjungi di Indonesia, menyingkirkan Shopee milik Sea Group.

Memang, sangat mudah untuk melihat daya tarik K-pop bagi perusahaan yang berhadapan dengan konsumen. Pada 24 Februari lalu, tembang ‘Fix You’ milik band alternatif rock asal Inggris, Coldplay, yang sebenarnya sudah dirilis tahun 2005 silam, menjadi topik hangat di Twitter Indonesia setelah BTS mengumumkan rencana untuk meng-cover lagu tersebut.

Pada bulan yang sama, Twitter merilis angka yang menunjukkan bahwa tweet terkait K-pop mencapai rekor tertinggi 6,7 miliar, naik 10% dari tahun sebelumnya. Di seluruh dunia, Indonesia adalah sumber utama obrolan ini. Jumlah tweet menurut negara memang tidak diungkapkan, tetapi lonjakan percakapan dari penggemar di Indonesia dan India menghasilkan cukup banyak tweet untuk mendorong keduanya lebih tinggi di peringkat tahun 2020, demikian kata asal AS tersebut.

Menurut keterangan JYP Entertainment, agensi hiburan Korea yang menaungi NiziU dan Twice, jumlah penggemar K-pop di Indonesia membeludak, dan negara ini selalu menempati peringkat teratas dalam jumlah penayangan video di YouTube. Sementara, perwakilan YG Entertainment berujar bahwa orang Indonesia memiliki perasaan terhadap konten Korea Selatan dan memiliki potensi yang besar.

Meskipun 90% penduduk Indonesia beragama Islam, negara ini bangga dengan keragamannya, karena merupakan rumah bagi lebih dari 300 kelompok etnis. Banyak orang Indonesia yang mengenal tarian tradisional sejak usia dini, yang mungkin menjelaskan mengapa koreografi unik K-pop menarik perhatian mereka. Selain itu, kedua negara tidak memiliki hubungan politik yang rumit yang menghambat pertukaran budaya, seperti Jepang dan Korea Selatan misalnya.

Berusaha keras untuk memenangkan pengagum lokal adalah salah satu rahasia kesuksesan K-pop di Indonesia. Grup pop wanita Secret Number misalnya, mendapatkan fans lokal karena salah satu dari lima anggotanya berasal dari Bali. “Mereka mencoba berkomunikasi dengan penggemar lokal dalam bahasa Indonesia dalam pertunjukan langsung dan di media sosial untuk mendapatkan rasa kedekatan,” kata perwakilan JYP.

Menurut penjelasan seorang di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, meningkatnya popularitas artis K-pop dalam beberapa tahun terakhir terkait dengan kemajuan ekonomi Korea Selatan ke Indonesia. Indonesia dan Korea Selatan telah memperdalam hubungan komersial mereka, menyelesaikan perjanjian kemitraan ekonomi pada Desember tahun lalu. Tampaknya orang Indonesia semakin dekat dengan budaya Korea Selatan seiring dengan semakin dekatnya ekonomi kedua negara.

Loading...