Bloomberg : Rupiah Ditutup Membaik dari Posisinya Kemarin

Jusuf KallaBerdasarkan dari referensi JISDOR (Jakarta Interbank Spot Dollar Rate) yang diterbitkan oleh Bank Indonesia pada hari ini (9/6), level Rp 13.362 per Amerika Serikat atau hanya merosot 2 basis poin dari posisi penutupannya kemarin di level Rp 13.360 perDolarnya. Sedangkan menurut pantauan Indeks Bloomberg, Rupiah diperdagangkan jelang sesi penutupan. Tercatat pada pukul 14.40 WIB, Rupiah sejauh 0,39% ke posisi Rp 13.333 per Dolar Amerika.

Sejak awal , kurs Rupiah telah menunjukkan aroma perbaikan dengan dibuka menguat sebanyak 0,23% dibandingkan dengan level penutupan kemarin ke posisi Rp 13.354 perDolar Amerika (Indeks Dolar Bloomberg). Bersama dengan Rupiah ada 5 asia lainnya yang juga menguat, diantaranya Dolar Taiwan, Won Korea, Peso Filipina, Rupee India, dan Ringgit Malaysia. Sisanya 4 melemah, yakni Yen Jepang, Dolar Hongkong, Dolar Singapura, Baht Thailand, serta 1 stagnan yaitu Yuan China.

Wakil Presiden (Wapres) , ketika ditanya perihal fenomena melemahnya Rupiah, mengatakan bahwa pemerintah dan jajaran telah banyak melakukan usaha untuk menjaga kestabilan nilai tukar mata uang Garuda ini. “Semua ( bidang ekonomi) banyak usaha, ada lah upaya kita laksanakan ya,” ujar JK saat ditemui seusai pembukaan Green Infrastructure Summit , di Jakarta (9/6).

Loading...