Bitcoin Stabil di Level $ 6.000, Ethereum Bukukan Keuntungan Positif Dibandingkan Kripto Lain

Ilustrasi : Bitcoin dan Ethereum - www.businesscloud.co.uk

Dalam kurun waktu 24 jam, berhasil pulih dari level 6.205, kemudian hari ini, Minggu (14/10) diperdagangkan naik 0,11 persen ke posisi 6.234,37 atau sekitar Rp 94,6 jutaan setelah dibuka pada level 6.227,51 per 1 BTC. Sepanjang hari ini, telah bergerak pada kisaran angka USD 6.226,79 hingga USD 6.234,62 dengan pangsa mencapai USD 108 miliar.

Bitcoin disebut-sebut telah menunjukkan stabilitas yang luar biasa dalam beberapa minggu terakhir. Sejak awal bulan September 2018 lalu, bitcoin telah diperdagangkan pada kisaran USD 6.000 – USD 6.500. Stabilitas harga ini pada dasarnya bisa menjadi tanda bullish untuk bitcoin. Ini seharusnya membantu tingkat adopsi dalam sehari-hari dan akhirnya mendorong harga mata uang digital ini ke tingkat lebih tinggi, mengingat pasokan yang terbatas.

David Drake, Pendiri dan Ketua LDJ Capital setuju dengan anggapan ini meski untuk alasan yang berbeda. “Ini adalah tanda bullish karena saat ini lebih banyak dana lindung nilai membeli bitcoin daripada individu dan kalangan ‘whales’. Dan persimpangan itu terjadi tiga minggu lalu,” ujar Drake, seperti dilansir Forbes.

“Akibatnya semakin banyak hedge funds akan membeli bitcoin daripada ‘whales’ karena whales telah mendapatkan semua bitcoin yang mereka inginkan, sehingga kita akan melihat lonjakan crypto di sisi bitcoin selama 2 bulan ke depan,” sambungnya.

Sementara itu Elliott Prechter, Kepala Analisis Komputer di Elliott Wave International memiliki pendapat berbeda. Prechter justru menganggap bitcoin sedang berada di pasar bearish. “Setelah pasar bull 8 tahun dengan proporsi yang belum pernah terjadi sebelumnya yang berakhir pada Desember 2017, bitcoin memasuki pasar beruang yang pada akhirnya akan memperbaiki seluruh sejarah harganya. Harapan rally sepanjang jalan akan terhapus dan rentang akan menembus level bawah,” ujarnya.

Di sisi lain, hari ini juga berhasil memperbaiki posisinya. Setelah kemarin sempat anjlok di level USD 197,13, kini ETH diperdagangkan pada level USD 199,52 atau sekitar Rp 3 jutaan dengan pangsa pasar sebesar USD 20,46 miliar.

Menurut MarketWatch, shorts ethereum belum lama ini mencapai level tertinggi sepanjang masa. Meskipun bunganya luar biasa pendek, kripto satu ini bergerak di atas rata-rata bila dibandingkan dengan kripto lain, dengan data menunjukkan kenaikan 0,7 persen dalam 24 jam terakhir. Hal ini mengindikasikan bahwa banyak orang yang memiliki harapan terhadap kripto terpopuler kedua setelah bitcoin tersebut.

Loading...