Bitcoin & Ethereum Masuk Pasar Bearish, Penjualan GPU NVIDIA Khusus Mining Ikut Jeblok

Turunnya harga bitcoin dan ethereum berdampak pada penurunan penjualan GPU NVIDIA khusus mining. - www.turbosquid.com

hari ini, Minggu (18/11), diperdagangkan pada harga 5.544,37 atau sekitar Rp 81 jutaan jika dikonversikan dalam rupiah. Angka tersebut terpantau 0,867000% setelah dibuka pada posisi USD 5.496,68. Sepanjang hari ini bitcoin bergerak pada kisaran harga USD 5.466,50 hingga USD 5.562,24 dengan kapitalisasi sebesar USD 96,37 miliar.

Bitcoin telah anjlok dari level USD 6.000 pada pekan lalu dan diperkirakan akan semakin jatuh oleh analis di Intelligence. Bahkan seperti dilaporkan pada (16/11), analisis memprediksi bahwa harga bitcoin bisa jatuh serendah USD 1.500, anjlok hingga 70% dari harga koin.

Belum lama ini pendiri hedge fund Travis Kling mengatakan bahwa tak bisa tidur nyenyak karena potensi gejolak di pasar kripto yang lebih luas pasca hard fork Bitcoin Cash baru-baru ini. “Ada kemungkinan kecil, sulit untuk diperkirakan bahwa sesuatu yang sangat buruk dapat terjadi terkait dengan Bitcoin Cash yang dapat berdampak pada seluruh pasar crypto,” ujar Kling, seperti dilansir Cointelegraph.

Menurut Analis Bloomberg Intelligence, Mike McGlone, kecelakaan pasar baru-baru ini dipicu oleh ‘pompa’ untuk Bitcoin Cash hard fork. Hal ini telah berlangsung sejak beberapa minggu lalu, dan membuat pasar sedikit terlalu ‘offside’ dengan kecenderungan permainan spekulatif. Ia memperkirakan jika pasar bearish ini kemungkinan akan bertahan lama.

Pasar bearish dalam pun mempengaruhi dari produsen GPU besar asal AS, NVIDIA yang belum lama ini melaporkan penurunan yang signifikan pada kuartal saat ini. Bahkan kabarnya GPU yang khusus digunakan untuk penambangan (mining) kripto lebih sedikit.

Yang lebih miris lagi, penambahan ethereum menggunakan GPU disebut-sebut tak lagi menguntungkan, seperti yang diungkapkan oleh Susquehanna, dan teknologi dunia yang berbasis di AS. Data Susquehanna menunjukkan bahwa penurunan berkepanjangan di pasar mata uang digital dan merosotnya jaringan hash adalah alasan utama untuk pengurangan laba.

Dari analisis yang dilakukan oleh Susquehanna, laba bulanan untuk semua penambang ETH yang menggunakan pengaturan berbasis GPU mencapai hampir USD 0 pada awal bulan ini, turun dari sekitar USD 150 pada bulan Juli tahun lalu. Susquehanna menunjukkan penurunan harga ETH sebagai faktor kunci, dengan altcoin saat ini diperdagangkan di USD 174,87, anjlok cukup dalam dari catatan bullishnya hampir USD 1,350 pada 15 Januari tahun ini.

Loading...