Bitcoin & Ethereum Kompak Terjun Bebas, Penurunan Diperkirakan Terus Berlanjut

Pada perdagangan hari ini, Minggu (25/11), bitcoin dan ethereum tampaknya kompak bergerak menurun - www.ccn.com

Pada hari ini, Minggu (25/11), dan tampaknya kompak terjun bebas. Setelah dibuka pada posisi perdagangan 4.312,36, saat ini bitcoin terpantau anjlok hingga 15,06% ke level 3.659,44 atau sekitar Rp 53,2 jutaan. Sedangkan ethereum pun juga terus bergerak menurun 14,94% dari posisi pembukaan sebesar 123,73 menjadi hanya 105,14 atau sekitar Rp 1,5 jutaan.

Selama sepekan ini memang diketahui sedang bergejolak dan sebagian besar kripto telah jatuh lebih jauh hari ini. Para analis memperkirakan jika akan lebih banyak ruang untuk pelemahan bagi bitcoin dan .

Ada konsensus umum di kalangan para analis kripto bahwa penurunan lebih lanjut sudah dekat, dengan sebagian besar analis memperkirakan bitcoin pindah ke wilayah USD 3.500. Naeem Aslam, kepala analis pasar di Think Market Inggris mengatakan bahwa meningkatnya peraturan telah menghambat gerak bitcoin dan berkurangnya volume pembelian bisa mendorong bitcoin menjadi USD 3.800 atau bahkan USD 3.500.

“Bitcoin cenderung bergerak lebih rendah setelah upaya gagal menembus di atas level USD 4.700. Kondisi regulator telah mencekik ‘bulls’ dan membuat ‘bear’ bergerak liar. Sangat mungkin bahwa harga dapat menyentuh level USD 3.800 atau bahkan USD 3.500 jika momentum saat ini berlanjut,” beber Aslam, seperti dilansir Marketwatch.

Senada, Jani Ziedens dari CrackedMarket mengatakan bahwa reli bantuan tidak akan terlihat sampai bitcoin mencapai level dengan tekanan beli yang signifikan, di wilayah USD 3.500. “Aksi jual akan berlanjut selama beberapa hari ke depan, tetapi memantul dari USD 3.500 kembali ke USD 5.000 masih mungkin terjadi. Ini bukan untuk orang yang lemah hati, tetapi akan imbalan yang bagus bagi mereka yang bersedia melompat ke atas bouncing yang tak terelakkan,” ujarnya.

Meskipun bitcoin relatif stabil pada level saat ini selama beberapa hari terakhir, altcoin terus turun lebih rendah, dengan sebagian besar altcoin utama turun 4% atau lebih. Bitcoin Cash adalah salah satu altcoin berkinerja terburuk dengan perdagangan turun lebih dari 6% dan kini berada di posisi USD 205. Sementara itu, ethereum juga menjadi pemain yang sangat burun dan turun hingga 7% pada perdagangan kemarin.

Menurut Aslam, ETH bisa jatuh di bawah angka USD 100 karena turunnya minat penggalangan dana ICO. “Aspek yang paling mengkhawatirkan adalah ethereum bisa jatuh di bawah angka 100 dan kenyataan di balik itu adalah karena sejumlah besar koin palsu telah dikeluarkan dari sistem dan ini telah membuat ethereum kurang berharga,” tuturnya.

Loading...