Bisnis Printing CTP Makin Berkembang Seiring Melesatnya Penggunaan Media Digital

Printing CTP - www.alibaba.comPrinting CTP - www.alibaba.com

Computer to Plate merupakan yang sedang berkembang pada masa sekarang. CTP atau computer to plate sendiri mempunyai karakteristik yang terdiri dari dasar yaitu computer, imaging dan printing plate. Semua tersebut sekarang telah mencapai yang canggih dengan aplikasi yang jauh lebih praktis.

Menilik ke belakang, di tahun 2001, Indonesia Printer menjadi pelopor perusahaan percetakan pertama yang mengadopsi teknologi computer to plate (CTP). Perusahaan tersebut memiliki dua anak usaha yaitu PT Wonder Bind International (WBI) dan PT Karina Envelope.

Indonesia Printer menghasilkan beragam cetak yakni majalah, kalender, brosur, undangan, dan buku. Perusahaan tersebut, didirikan pada 1983 oleh Welly Bolung. Ketika itu, perusahaan memiliki satu mesin cetak Sakurai dan mempekerjakan lima orang karyawan.

Dengan melesatnya penggunaan digital di kalangan masyarakat dan bisnis seperti sekarang, membuat perusahaan PT Astra Graphia ingin mengembangkan bisnis Astra Graphia. “Untuk menjadi besar, memang harus mengakuisisi,” ucap Lukito, Presiden Direktur Perseroan PT Astra Graphia Tbk. “Rencana akuisisi memang ada. Saat ini masih dalam proses.” tambahnya.

Hal tersebut didorong karena pencapaian laba bersih yang didapatkan PT Astra meningkat dibanding periode sebelumnya. Meningkatnya laba persih perseroan, terdongkrak oleh pendapatan bersih yang meningkat 14,1% menjadi Rp 434,8 miliar dibanding kuartal sebelumnya sebesar Rp 381 miliar. Dikarenakan prospek bisnisnya yang semakin baik, perusahaan merencanakan untuk melakukan ekspansi dan berencana mengakuisisi beberapa perusahaan.

Sejalan dengan yang dilakukan PT Astra Graphia Tbk, PT Astra Aviva Life (Astra Life) juga siap mengembangkan penggunaan digital seiring dengan perkembangan teknologi yang merambah kehidupan masyarakat. “Ke depannya kami akan terus mengembangkan pemanfaatan digital, ada beberapa strategi yang akan kita publikasikan. Secara kasar, perseroan mencanangkan anggaran belanja modal (capex) IT sekitar Rp225 miliar untuk pengembangan digital pada beberapa tahun mendatang,” ungkap Presiden Direktur Astra Life Auddie A. Wiranata.

Sementara itu, menurut Qyresearchers,yang di dalamnya mencakup riset baru dari Computer To Plate (CTP) di tahun 2017 menawarkan analisis komprehensif pasar CTP secara , yang menekankan kepada faktor kunci yang mempengaruhi pertumbuhan pasar. Faktor-faktor yang mempengaruhi pertumbuhan pasar telah dipelajari secara menyeluruh dan valuasi pasar juga diberikan dalam bentuk .

Laporan tersebut memberikan informasi akurat tentang berbagai aspek, seperti rantai produksi, dan kebijakan produksi yang mempengaruhi pasar CTP secara global. Hal ini menganalisis kompetitif pasar dan memeriksa distribusi geografis secara rinci.

Dalam tujuannya memperluas percetakan, kemajuan dalam teknologi serta meningkatnya percetakan bebas kimia menjadi pendorong pertumbuhan CTP. Hal ini disebabkan, bisnis dengan menggunakan computer to plate dapat menghemat biaya dan bahan kimia, biaya perawatan rendah, fleksibilitas dan meningkatkan akurasi proses percetakan adalah beberapa faktor penting yang mendorong pertumbuhan pasar computer to plate.

Loading...