Bisnis Es Tebu Ternyata Punya Prospek Semanis Rasanya

Bisnis Es Tebu

Siapa sangka jika bisnis es tebu ternyata bisa menghasilkan pendapatan hingga jutaan dalam sehari? Hal ini diutarakan langsung oleh Wahyu, pedagang sari tebu di Kabupaten Kutai Timur. Pria asal Jawa Timur ini berjualan es tebu menggunakan gerobak dan setiap gelas es sari tebu dihargai Rp 5 ribuan.

“Kalau musim liburan begini mas bisa dapat satu juta per hari,” kata Wahyu. Dengan bermodal mesin peras tebu dan lapak sederhana, Wahyu menjajakan es tebu dingin pada para pengunjung yang kebetulan sedang berwisata di Taman Nasional Kutai (TNK) Sangkima.

Wahyu mengaku jika pasokan tebu ia peroleh dari hasil kebun sendiri. Apabila stoknya kurang, maka ia baru membeli tebu dari . “Tebunya saya tanam sendiri mas di kebun, kadang juga beli dari Rp 600 per kilo,” katanya.

Di daerah lain minuman es sari tebu juga banyak peminatnya. Tak heran jika ada beberapa bisnis franchise yang menawarkan peluang waralaba es sari tebu. Misalnya saja seperti Juragan Tebu asal Cirebon, Jawa Barat yang telah memulai sejak tahun 2010 silam dan kini memiliki sekitar 34 gerai. “Paling kendalanya kalau musim hujan bisa turun menjadi Rp 2,5 juta sebulan,” kata sang pemilik, Galih Ikhwansyah.

Menurut Galih, bisnis es tebu masih cukup bagus. “Rata-rata mitra Juragan Tebu menghabiskan 1 kuintal tebu setiap lima hari. Jadi bisnis ini menjanjikan dan terus tumbuh,” ucapnya.

Selain es tebu yang ditawarkan oleh Juragan Tebu, ada juga lain yang dilakukan oleh Sari Tebu Jojo Cup. Jika biasanya es sari tebu hanya disajikan di dalam cup atau gelas dengan es batu, Sari Tebu Jojo Cup menghadirkan lain berupa topping leci atau jeli di atas minuman es tebu. Di samping itu ada pula minuman teh tebu hangat serta campuran teh tebu dan cappuccino. Harga yang ditawarkan berkisar mulai dari Rp 8.000 – Rp 15.000 per gelas.

Yang lebih hebat lagi, usaha Sari Tebu Jojo Cup yang ditekuni Hendrawan Buntaram di ini kabarnya juga diekspor hingga ke negara tetangga seperti Singapura. “Kami menyiapkan ekspor ke Singapura, karena kami kan terpilih sebagai waralaba layak ekspor oleh ,” tutur Hendrawan.

Loading...