Bisakah Ubi Jalar Dikonsumsi untuk Program Diet?

Ubi Jalar - tipspetani.blogspot.co.idUbi Jalar - tipspetani.blogspot.co.id

menurunkan atau yang lebih dikenal dengan istilah diet memang bisa dilakukan dengan berbagai macam cara, mulai dari mengurangi porsi hingga yang belum lama ini ramai diperbincangkan adalah diet dengan mengonsumsi ubi jalar. Lantas benarkah ubi jalar bisa bermanfaat untuk diet?

Salah seorang pria berumur 36 tahun asal Melbourne, Australia, bernama Andrew Flinders Taylor mengaku berhasil menurunkan berat badannya hingga 32 kg berkat diet ubi jalar dalam kurun waktu 100 hari. Hingga kini menurutnya dengan diet ubi jalar tersebut kesehatannya tak mengalami masalah.

Selama menjalani program diet, Taylor mengonsumsi ubi jalar dan melakukan selama 6 hari tiap pekan. Sejak diet ubi jalar, intensitas depresi klinisnya pun mulai . Kolesterol darah Taylor berkurang dari 4,3 mmol/l menjadi 2,9 mmol/l dalam waktu 3 bulan. Menurut , angka kolesterol yang lebih rendah dari 5,5 mmol/l termasuk sehat.

“Kandungan asam uratnya agak naik, tapi saya tidak mengkhawatirkannya karena hal itu memang terjadi pada orang yang kehilangan berat badan secara cepat. Secara umum, tidak ada yang harus dikhawatirkan,” ujar dokter yang mengawasi diet Taylor, Dr. Malcom Mackay seperti dilansir 9News.

Dr. Mackay sendiri tidak meresepkan atau menganjurkan diet ubi jalar tersebut, namun ia sepakat untuk mengawasi dan memantau Taylor selama program diet berlangsung. Meski demikian, sejumlah pakar memperingatkan risiko kerusakan tubuh dalam jangka panjang yang kemungkinan akan dialami oleh Taylor.

“Ia kehilangan beberapa zat, misalnya gizi-gizi yang larut dalam . Ubi jalar memang mengandung beta-karoten, tapi ia tidak akan menyerap atau menggunakannya sama sekali karena sedikit sekali memasok yang diperlukan untuk menyerap beta-karoten itu. Jika ia memiliki diet beragam dan luas, maka lebih besar kemungkinannya memasok gizi yang diperlukan,” ungkap Dr. Joanna McMillan.

Ubi jalar sendiri memang selama ini dikenal sebagai salah satu pangan di Indonesia yang memiliki banyak kesehatan. Ubi jalar disebut-sebut mengandung serat diet yang tinggi, rendah kalori, mengandung banyak air, dan dapat mengontrol gula darah. Tak ayal jika ubi jalar kerap diolah dengan berbagai cara agar bisa dijadikan salah satu menu diet.

Loading...