Bisakah Mengubah Listrik Prabayar Kembali ke Meteran Pascabayar?

Meteran Listrik - Uung9Meteran Listrik - Uung9

Sejak beberapa waktu lalu PT PLN (Persero) memang sudah gencar melakukan sosialisasi agar mengganti meteran -nya ke listrik prabayar atau yang kerap dijuluki listrik pintar. Sayangnya beberapa orang justru mengeluhkan listrik token tersebut dan merasa listriknya justru lebih besar dibandingkan ketika menggunakan listrik pascabayar. Oleh sebab itu beberapa orang yang sudah berpindah listrik prabayar pun banyak yang ingin kembali mengubah listrik prabayar ke pascabayar. Pertanyaannya, bisakah migrasi tersebut dilakukan? Seperti apa prosedurnya dan berapa yang dikenakan?

Tahun 2015 lalu ada salah seorang PLN yang mempertanyakan soal kemungkinan migrasi kembali dari meter listrik prabayar ke pascabayar seperti semula. Namun rupanya pihak PLN area Yogyakarta mengungkapkan bahwa migrasi tersebut tidak dapat dilayani. “Migrasi hanya bisa dilakukan dari meteran pascabayar ke meteran prabayar. Artinya, migrasi dari meteran prabayar ke pascabayar tidak bisa dilakukan,” ujar Kardiman Paulus, Humas PT PLN (Persero) Area Yogyakarta, seperti dilansir Tribunnews.

“Ke depan PLN memang akan mengarahkan semua pelanggan ke listrik prabayar. Hal ini bertujuan untuk mempermudah , baik dari sisi PLN maupun sisi pelanggan. Dengan sistem online yang dijalankan, pelanggan tentunya akan lebih mudah untuk bertransaksi,” imbuh Kardiman.

Hal yang agak berbeda disampaikan oleh PLN Wilayah Sumatera Utara pada tahun 2016 lalu. “Penggantian meteran dari prabayar ke pascabayar bisa dilakukan, namun melihat ketersediaan materialnya. Karena meteran pascabayar sudah sangat terbatas. Untuk penggantian ini, pelanggan harus memaparkan apa permasalahannya sehingga ingin mengajukan penggantian meteran. Karena dari kami PLN, meteran prabayar sangat memudahkan pelanggan,” tutur Mustafrizal, Humas PT PLN Wilayah Sumatera Utara.

Dengan menggunakan meteran ini, pelanggan bisa mengatur pemakaian pulsa listrik sendiri. Meteran pelanggan juga tidak akan dicabut bila token habis. Selain itu, pelanggan tidak dikenakan biaya abonemen bulanan,” sambungnya

Sementara itu, untuk migrasi listrik pascabayar ke prabayar sendiri kabarnya gratis alias tidak dipungut biaya. Oleh karena itu, apabila pelanggan ingin mengubah listrik prabayar kembali ke pascabayar, sebaiknya bertanya terlebih dahulu ke PLN terdekat. Pasalnya ketentuan dan ketersediaan meteran pasca bayar di setiap wilayah bisa saja berbeda-beda.

Loading...