Bisakah Bercerai Tanpa Sidang Pengadilan dan Berapa Biayanya?

Biaya, cerai, bercerai, perceraian, tanpa, sidang, pengadilan, agama, negeri, pengadilan agama, UU, undang, perundangan, prosedur, proses, hukum, Islam, perkawinan, peraturan, sah, Kantor Urusan Agama, KUA, pasal, ayat, pengacara, advokat, uang, konflik, rumah tangga, akta, nomor, seri, aplikasi, pernikahan, tahapan, caloIlustrasi: perceraian dalam rumah tangga (sumber: leparisien.fr)

Tidak ada pasangan yang siap dengan . Tapi kadang perpisahan akhirnya jadi pilihan satu-satunya dalam sebuah pernikahan. Memang, banyak hal yang bisa memicu , tetapi banyak pula alasan yang bisa diajukan untuk mencegahnya. Salah satunya adalah dengan mempertimbangkan besarnya .

Jangan kira proses perceraian itu mudah. Beragam tahap harus Anda lewati selama berbulan-bulan, dan tentu saja menguras isi tabungan. Biaya cerai mungkin akan lebih mudah dihitung jika menggunakan pengacara. Namun jelas biaya mengurus perceraian sendiri lebih murah. Meski demikian, semurah-murahnya biaya cerai, Anda tetap harus mengeluarkan uang. Itulah salah satu alasan kenapa bercerai jadi pilihan terakhir untuk mengatasi konflik dalam .

Humas Pengadilan Agama (PA) Kota Banjar, Siti Alosh Farchaty SHI mengimbau, masyarakat melakukan proses perceraian sendiri. Jangan menggunakan calo atau melalui orang lain tanpa adanya jaminan kebenarannya.

Diakuinya, mafia di masyarakat saat ini masih banyak. Masyarakat jangan mudah percaya. Yang perlu diketahui, kata dia, pengurusan perkara sidang perceraian tidak mengeluarkan biaya banyak. “Biaya cerai ada daftarnya dan tidak mengeluarkan banyak biaya. Jika ada sisanya kita kembalikan,” jelasnya.

Sementara itu, dikatakannya pada saat pelaksanaan sidang isbat nikah ada satu pasangan yang gagal lantaran akta cerai palsu. “Kita temukan nomor seri akta cerai tidak sama dan tidak terdaftar dalam aplikasi Pengadilan Agama,” ujarnya kepada Radar Tasikmalaya.

Menurut dia, semua akta cerai tercatat dalam aplikasi dan memiliki nomor seri yang berurutan. Proses masuk dan keluar akta cerai di Pengadilan Agama juga tercatat dan terekam di aplikasi online, mulai dari nomor perkara, nomor seri cerai dan lainnya. “Masyarakat jangan berpikir instan. Segala sesuatunya membutuhkan proses dan prosedur yang harus ditempuh,” tambahnya.

Saat hendak atau sedang menjalani proses perceraian, beberapa orang menanyakan bagaimana proses perceraian tanpa sidang. Beberapa orang tersebut bertanya bisakah seseorang bercerai tanpa disidangkan di pengadilan?

Pada dasarnya, perceraian hanya dapat dilakukan di depan Sidang Pengadilan setelah Pengadilan yang bersangkutan berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak. Hal ini telah disebut dalam Pasal 39 ayat (1) UU Perkawinan. Jadi, merujuk pada pasal tersebut, maka perceraian hanya dapat dilakukan di depan sidang pengadilan. Yang dimaksud dengan pengadilan menurut Pasal 1 huruf b PP 9/1975 adalah Pengadilan Agama bagi mereka yang beragama Islam dan Pengadilan Negeri bagi yang lainnya.

Masih berkaitan dengan perceraian di muka pengadilan, Pasal 115 KHI mengatakan bahwa perceraian hanya dapat dilakukan di depan sidang Pengadilan Agama setelah Pengadilan Agama tersebut berusaha dan tidak berhasil mendamaikan kedua belah pihak.

Dengan demikian, dari penjelasan mengenai di mana perceraian itu dilakukan, dapat kita ketahui bahwa baik menurut hukum yang terdapat dalam UU Perkawinan dan PP 9/1975 maupun menurut hukum Islam, perceraian itu hanya sah apabila melalui proses sidang di pengadilan. Dimintanya sejumlah biaya dari Kantor Urusan Agama (KUA) agar perceraian dilakukan tanpa sidang di pengadilan tidak termasuk prosedur perceraian yang dimaksud oleh perundang-undangan.

Loading...