Bisa Ubah Bentuk Rahang & Gigi, Biaya Operasi Rahang Berkisar Mulai Rp 25 Jutaan

Memperbaiki wajah di bagian tulang rahang kini menjadi tren di Korea Selatan. Banyak gadis remaja berlomba-lomba membuat wajahnya agar terlihat lebih tirus dan sempurna. - tribunnews.com

dalam dunia kecantikan kini sudah semakin . Seseorang mungkin saja mendapatkan bentuk wajah atau yang sempurna dengan operasi plastik. Uniknya, operasi plastik bukan hanya dilakukan untuk membentuk hidung atau kelopak mata ganda (double eyelid) saja. Operasi plastik pun berkembang hingga ke prosedur pemotongan tulang rahang. yang dibutuhkan untuk operasi tulang rahang tentunya tidak kalah mahal dari prosedur operasi plastik area tubuh lainnya.

Sekilas operasi rahang gigi memang terdengar menakutkan. Namun ternyata operasi ini cukup populer di Korea Selatan. Beberapa bedah plastik yang ada di Korsel biasanya menyediakan layanan operasi pemotongan tulang rahang. Lantas apa sebenarnya tujuan dari operasi pemotongan rahang atau ortognatik surgery ini?

Rupanya operasi rahang gigi bukan semata demi alasan estetika saja seperti membentuk wajah yang kotak menjadi oval, tetapi banyak juga yang melakukannya demi tujuan medis seperti mengembalikan fungsi kunyah. “Misalnya fungsi kunyah gigi belakang yang bawah terlalu lebar daripada gigi atas. Setelah itu, gigi bawah bagian depan terlalu maju ke depan,” kata drg. Harsoyo Brotowijoyo, Sp.BM., dokter gigi spesialis bedah mulut dari RS Antam Medika Pulo Gadung, Jakarta, seperti dilansir Meetdoctor.

Di salah satu klinik bedah plastik yang ada di Korea Selatan, Pitangui Plastic Center dijelaskan bahwa gigi yang maju tidak hanya bisa diperbaiki dengan biasa, tetapi juga bisa dengan operasi pemotongan dagu hingga anatomi mulut keseluruhan terbenahi dan masalah gigi maju pun terselesaikan.

“Hal tersebut bisa dikembalikan menjadi normal dengan cara gigi dan rahang dimundurkan ke belakang atau sebaliknya. Sehingga didapatkan relasi yang bagus antara gigi atas dan bawah. Pasien pun dapat mengunyah dan menggigit dengan baik,” sambung drg. Harsoyo.

Drg. Harsoyo menambahkan jika prosedur operasi pemotongan rahang ternyata memiliki risiko pendarahan yang terbilang kecil, tergantung dari arteri pasien. Durasi operasi rahang gigi memakan waktu sekitar 4 jam. “Setelah proses operasi, pasien biasanya tidak dapat membuka mulut selama 10 hari karena akan terjadi pembengkakan di sekitar area operasi dan pasien hanya dapat mengonsumsi makanan cair yang semua serba diblender,” ujarnya.

Setelah 10 hari biasanya pasien baru bisa membuka mulut, tetapi hanya bisa mengonsumsi makanan lunak seperti bubur. Biaya operasi rahang gigi menurut drg. Harsoyo berkisar antara Rp 25 juta hingga Rp 75 jutaan, tergantung dari bentuk rahang dan keinginan sang pasien.

Loading...