Bisa Obati Mata Silinder, Berapa Biaya Operasi Lasik Terbaru Tahun 2017?

Operasi Lasik - www.vebma.comOperasi Lasik - www.vebma.com

Orang yang mengalami rabun jauh, rabun dekat, atau astigmatisme biasanya menggunakan kacamata sebagai bantu agar dapat melihat objek-objek yang ada di sekitarnya dengan jelas. Akan tetapi, bagi sebagian orang kacamata terasa mengganggu dan mengurangi estetika. Oleh sebab itu, beberapa orang menempuh jalur operasi lasik untuk mengobati mata minus maupun silinder. Lalu berapa kira-kira yang dibutuhkan untuk operasi lasik mata silinder tahun 2017?

“Satu mata Rp 11 juta, dua mata Rp 14,5 jt. Biaya screening Rp 2 jt, dan kontrol sekitar Rp 2 juta,” kata Dr. Ida Bagus Gede Wirastana, SpM yang praktik di RS Harapan Bunda, Rebo, Timur, seperti dilansir Doktermataku.

Meski dapat mengatasi permasalahan mata minus dan silinder secara cepat, rupanya ada batasan umur tertentu untuk menjalani operasi lasik. “Biasanya lasik dilakukan setelah 18 tahun. Tapi biar aman setelah 19 tahun baru bisa dilakukan. Di mana 1 tahun terakhir tidak ada perubahan yang signifikan untuk minus atau silindernya,” ungkap dr. Liliani Wahyu, SpM, seperti dilansir Nova.

Dr. Liliani menjelaskan bahwa operasi lasik cukup efisien dilakukan oleh para yang enggan memakai kacamata. Apalagi tingkat keberhasilan operasi lasik cukup tinggi, asalkan mematuhi yang ada. “Kalau semuanya dilakukan secara biasanya berhasil hampir 100 %. Kecuali pada minus tertentu, misalnya terlalu tinggi,” tuturnya.

Di samping itu, kondisi mata pasien juga perlu diperhatikan supaya operasi lasik dapat berjalan lancar dan tak sia-sia. “Kita lihat keadaan mata. Pertama mata kering, nggak boleh dilasik harus diobatin dulu. Kedua, tekanan bola mata, kalau mata tinggi juga tidak boleh, selain itu keadaan retina, kalau retinanya ada kelainan juga tidak boleh dilasik, harus diobatin dulu. Kemudian ukuran kacamata, ukurannya harus 1 tahun terakhir stabil. Jadi kalau ada kenaikan jangan dilasik. Karena kalau dilasik berubah lagi,” tandasnya.

Di klinik lainnya seperti Jakarta Eye Center (JEC), biaya operasi lasik mata silinder bisa sangat bervariasi, berkisar mulai dari Rp 10 jutaan hingga Rp 26 jutaan. Kemudian di Cicendo Eye Hospital Bandung harga operasi lasik sekitar Rp 7 juta hingga Rp 26,5 jutaan, Icare Lasik Jakarta mulai Rp 6-19,5 jutaan, dan Klinik Mata Nusantara tarifnya antara Rp 14-28 jutaan.

Loading...