Bisa Jadi Pilihan untuk Mudik, Ini Harga Tiket Bus Sumber Alam Lebaran 2019

Bus Sumber Alam - www.traveloka.comBus Sumber Alam - www.traveloka.com

Pada momen 2019 kali ini ternyata bukan hanya tiket pesawat saja yang mengalami kenaikan, tiket dan pun kabarnya juga naik, baik bus antarkota maupun bus antarprovinsi.

“Tentu, ( akan) naik 20-30 persen,” ujar Ketua Umum Ikatan Pengusaha Otobus Muda Indonesia (IPOMI) Kurnia Lesani Adnan, seperti dilansir Tirto. Kurnia menambahkan, jika mengacu pada ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah, maka tiket bus kelas ekonomi hanya diperbolehkan naik maksimal 20% selama ada tinggi. “Kalau yang ekonomi kan sudah diatur oleh pemerintah kan. Kalaupun ada kenaikan yang bus ekonomi itu hanya boleh naik di angka 20 persen,” tutur Kurnia.

Sementara itu, untuk bus kelas eksekutif kenaikan tiketnya maksimal dapat mencapai 30%. Pasalnya harga tiket bus kelas eksekutif diserahkan ke mekanisme . “Kalau yang non-ekonomi itu kan dilepas ke jadi tergantung bagaimana si PO-nya menyiapkan pelayanan,” beber Kurnia.

Pada arus mudik dan balik Hari Raya Idul Fitri ini, banyak masyarakat yang diperkirakan bakal memilih pulang ke kampung halaman melalui jalur darat. Akan tetapi, tarif bus antarkota dan antarprovinsi nantinya akan dinaikkan secara bertahap dengan menyesuaikan antusiasme penumpang yang mudik naik bus. “Bertahap nanti naiknya. Mulai dari 20 persen kemudian nanti 22 persen, 25 persen sampai 30 persen. Harga akan paling tinggi di H+3 [dan] H-4 [Lebaran],” tandas Kurnia.

Beberapa perusahaan otobus bahkan telah merilis harga tiket resmi mereka untuk angkutan Lebaran 2019, salah satunya seperti PO Sumber Alam. Adapun untuk periode 29 Mei – 16 Juni 2019, harga tiket bus Sumber Alam Lebaran rute Yogyakarta-Jakarta untuk kelas AC Toilet dipatok Rp 330 ribu, AC ekonomi Rp 220 ribu, AC Non Toilet Rp 300 ribu, dan Patas Non AC biaya tiketnya dibanderol Rp 230 ribu per orang.

Sedangkan untuk rute perjalanan Jogja-Merak, harga tiket bus Sumber Alam kelas AC Toilet dipatok Rp 380 ribu per orang dan untuk Patas Non AC harganya Rp 280 ribu per orang. Tiket bus Sumber Alam Lebaran 2019 sudah dapat dibeli mulai tanggal 1 Maret 2019 lalu.

Loading...