Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan, Harga Telur Puyuh Hari Ini Dijual Mulai Rp 19 Ribuan

Telur Puyuh - www.indotrading.comTelur Puyuh - www.indotrading.com

Beberapa orang menggeluti unggas biasanya hanya berkutat pada peternakan ayam dan bebek, baik pedaging maupun petelur. Masih jarang orang yang melirik burung puyuh, padahal puyuh bisa mendatangkan berbagai yang menjanjikan, mulai dari panen telur setiap hari, hingga menjual burung puyuh afkir (yang sudah tidak bisa bertelur) untuk dimanfaatkan dagingnya. Tak cukup sampai di situ, kotoran burung puyuh juga dapat untuk dibuat pupuk organik.

Bahkan menurut Slamet Wuryadi, pemilik Slamet Quail Farm (SQF) konsumen telur puyuh di Indonesia rupanya cukup tinggi, yakni mencapai 14 juta butir per minggu. Sementara itu jumlah yang dapat dicukupi baru 3,5 juta butir telur puyuh saja. “ 14 juta butir itu tersebar mulai dari Pasar DKI, Jabar dan Banten jumlah itu termasuk telur puyuh untuk salah satu kemasan milik Indofood yang mencapai 4 juta per minggu,” jelas Slamet, seperti dilansir Detik.

Sayangnya potensi dari bisnis telur puyuh menurut Slamet masih belum terlalu diminati lantaran dinilai tak menarik oleh masyarakat. “Ini sebetulnya bisnis yang menjanjikan karena marketnya ditunggu, pasar usaha agribisnis apa lagi coba yang memang pangsa pasarnya semenarik ini. Telur puyuh itu semuanya bisa dimanfaatkan, mulai dari telur, daging, tulang untuk bahan keripik dan kotorannya untuk pupuk. Harusnya kita bangga karena puyuh itu Indonesia banget,” ujarnya.

Lebih lanjut Slamet mengungkapkan bahwa keuntungan dari 1 butir telur puyuh sekitar Rp 75 dengan modal Rp 200 per 1 butir telur puyuh. “Dengan jumlah itu rata-rata peternak per hari bisa memperoleh keuntungan sebesar Rp 84 ribu, dari minimal sebanyak 1.000 ekor puyuh,” jelasnya.

Senada, peternak puyuh asal Sidoagung Sleman, Partiyah juga mengatakan jika penjualan telur puyuh cukup mudah, pasalnya para pedagang di pasar tradisional selalu mau menerima telur-telur puyuh yang ia jual. Satu kotak berisi 750 butir telur puyuh biasanya dihargai Rp 185 ribu, sementara itu yang berisi 600 butir dibanderol Rp 140.000. Sedangkan telur puyuh mentah per 1 kg hari ini berkisar antara Rp 19 ribu hingga Rp 25 ribuan.

“Kalau ada yang membeli eceran, sekarang ini Rp 270 perbutir. Selain cukup direbus, telur puyuh juga dapat diolah seperti menjadi isi tahu bakso, disemur, dibuat sate telur puyuh, diisikan pada butiran bakso dan lain-lainnya,” katanya.

Loading...