Bisa Dirakit Sendiri, Berapa Harga Gear Belakang Sepeda Fixie?

Harga, gear, belakang, sepeda, fixie, rakitan, gigi, sproket, sprocket, hub, ring, model, putar, tromol, spare part, transportasi, gaya hidup, jenis, torpedo, bagian, gaya, flip-flop hub, rem, fixed gear, mundur, maju, doltrap, sistem, merek, di, pasaran, komponen, handle brake, roda, dual, kalangan, mudaPerangkat gear belakang sepeda fixie (sumber: amazon.com)

Fixie atau fixed (bergigi tetap) merupakan dengan satu kecepatan yang tidak memiliki freewheel. Dengan sprocket (gear belakang) yang langsung menancap pada fixed hub , maka akan bergerak satu arah mengikuti arah kayuh pedal. Ketidakhadiran freewheel ini juga memungkinkan untuk memperlambat laju tanpa melakukan pengereman. Caranya, pengendara hanya perlu mengayuh pedal ke belakang. Sementara, pada Fixie jenis torpedo, pengereman cukup dilakukan dengan menahan pedal ke bagian belakang.

Fixie (fixed gear), yang artinya sepeda dengan sistem gear roda belakang mati. Sistem ini biasa disebut doltrap atau roda gila, ke mana pun roda berputar pedal akan mengikutinya baik itu maju ataupun mundur. Sepeda yang menggunakan doltrap dapat berjalan mundur jika digowes terbalik, sistem ini dimiliki oleh rodeo (sepeda roda satu) dan becak. Jadi untuk rem, Anda harus memundurkan pedal sekuat mungkin. Kelemahan dari doltrap adalah saat sepeda melaju dengan kencang, pedal akan berputar sama kencangnya hingga akan susah untuk diberhentikan.

Jika memiliki anggaran berlebih, Anda bisa mendapatkan sepeda Fixie dengan membeli dalam bentuk jadi. Ada beberapa sepeda Fixie yang ditawarkan di pasaran. Sepeda Fixie dengan minimum dijual dengan mulai Rp1,5 juta sampai Rp2,5 juta. Sementara, sepeda Fixie rakitan generik dengan komponen cukup baik, harganya bisa mencapai Rp4 juta ke atas.

Namun, jika Anda belum punya anggaran besar, tetapi masih ingin memiliki sepeda Fixie, tak perlu khawatir. Anda bisa mendapatkan sepeda Fixie dengan cara merakit. Caranya, cukup membeli rangka sepeda polos dan diberi warna sesuai keinginan. Sisanya, Anda dapat membeli satu per satu sepeda Fixie.

Sepeda Fixie identik dengan gaya minimalis. Sepeda ini menggunakan rangka sepeda balap (road bike), tanpa gear shift dan handle brake (rem), pedal terus berputar selama roda menggelinding. Untuk menahan laju sepeda, hanya mengandalkan kekuatan pedal dengan menahan pedal ke belakang agar melawan putaran roda. Memang sedikit berbahaya untuk orang yang belum terbiasa dengan sepeda Fixie, terutama ketika berkendara di jalan menurun dan berbelok. Oleh karena itu mayoritas pengguna sepeda Fixie umumnya menambahkan rem manual pada roda depan.

“Bentuk unik mulai dari warna hingga roda yang terlihat tipis, namun mampu melintas dengan baik memikat berbagai kalangan. Inilah yang menjadikan sepeda Fixie menjadi tren di kalangan muda sampai pekerja. Menggunakan sepeda tidak hanya sebagai alat , melainkan juga untuk gaya hidup,” kata seorang pecinta sepeda Fixie.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, sepeda Fixie memiliki sprocket (gear belakang) yang langsung menancap pada fixed hub sepeda. Sepeda Fixie menggunakan tiang hub permanen dengan mur, dan berbeda dengan rancangan sepeda MTB atau Road Bike modern yang mudah dilepas pasang.

Salah satu hub untuk gear atau gigi belakang sepeda ada yang ganda atau disebut flip-flop hub. Jika Anda ingin menggunakan gaya fixie penuh, bisa dipasang sprocket/gigi belakang tetap. Ban berputar, maka pedal Anda terus berputar. Bila ingin santai dan menggunakan sepeda di dalam kota, roda belakang dibalik untuk menggunakan sprocket atau gigi bergerak seperti biasa. Tentunya diperlukan rem sepeda bila menggunakan dual sprocket. Gigi atau gear belakang bisa bermodel ring (putar) atau 6 bolt, tergantung hub (tromol) yang akan digunakan. Harga gear belakang sepeda Fixie saat ini berkisar Rp50 ribuan sampai Rp90 ribuan.

Loading...