Bisa Dipanen Lebih Cepat, Harga Indukan Gurame Soang Dijual Mulai Rp 800 Ribuan

Ikan Gurame Soang - bahasikan.com

Gurame merupakan jenis ikan air tawar yang peminatnya cukup banyak. Ikan satu ini memiliki yang cukup banyak dan rasanya lezat, tak heran jika hampir setiap biasanya menyajikan menu ikan yang satu ini. Jenis ikan gurame sebenarnya ada beberapa. Namun yang kini budidayanya mulai banyak dilirik adalah jenis ikan gurami Swan atau yang kerap dijuluki gurame angsa atau soang. Dibandingkan gurame biasa, gurame soang disebut-sebut bisa dipanen dalam kurun waktu yang cukup cepat.

Jika gurame biasa umumnya baru bisa dipanen dalam kurun waktu 1 tahun, maka gurame soang asal Thailand ini bisa dipanen hanya dalam waktu 9 bulan saja untuk mencapai bobot hingga 500 gram. Menurut Taufik Rahmat, salah satu pembudidaya gurame soang asal Solo, Jawa Tengah, ciri-ciri fisik gurami soang sebenarnya tidak berbeda dari gurami biasa. “Hanya, warna hitam pada gurami soang tidak terlalu dominan. Jadi terlihat lebih mengkilap,” ujar Taufik, seperti dilansir Kontan.

Lebih lanjut Taufik mengungkapkan bahwa permintaan gurami soang dalam beberapa tahun belakangan ini terus mengalami peningkatan. “Peminatnya adalah restoran, hotel, dan rumah makan tradisional,” beber Taufik.

jual dari ikan gurame soang juga cukup mahal bisa berkisar Rp 30 ribuan per kilogram (kg). Setiap 1 kg terdiri dari 2 ekor gurami dengan bobot masing-masing sekitar 500 gram. Tetapi bila langsung di kolam harganya hanya sekitar Rp 22.500 per kilo. Setiap bulannya Taufik berhasil memanen sekitar 400 ekor gurami dengan berat mencapai 800 kg. yang didapatkan dari 3 kolam gurami soang bisa sampai Rp 27-30 juta.

Tak hanya untuk dijual dalam keadaan siap konsumsi saja, gurame soang kabarnya juga cukup menguntungkan jika dijual dalam kondisi masih berupa benih atau . Untuk memulai pembibitan gurami soang, setidaknya harus menyiapkan induk gurame soang yang berkualitas. Harga indukan gurame soang sendiri beberapa waktu lalu berkisar Rp 875 ribuan per paket yang terdiri dari 5 ekor (1 jantan dan 4 betina). Sedangkan jika membeli indukan per ekor yang sudah pernah bertelur, harganya sekitar Rp 200 ribuan. Sementara itu, untuk bibit ikan gurami soang juga tak terlalu mahal. Benih gurami soang dengan ukuran sebesar 3 jari orang dewasa harganya dijual Rp 4.500 saja.

Loading...