Bisa Diisi Ulang, Harga E-Ticket Transjakarta Rp40 Ribu

Penggunaan sistem e- ticket untuk pembayaran Transjakarta - tribunnews.com

JAKARTA – Untuk modernisasi dan memudahkan para pengguna jasa, sejak bulan Agustus 2014 lalu, PT Transjakarta telah menerapkan sistem e-ticket untuk pembayaran mereka. Dengan Rp40.000, pengguna akan memperoleh sebesar Rp20.000 dan bisa melakukan pengisian ulang atau top-up jika e-card tersebut habis.

“Sistem tiket pada halte Transjakarta sudah menggunakan e-ticket atau kartu sebagai pengganti uang tunai,” tulis PT Transjakarta dalam situs resminya. “Operator koridor tidak menerbitkan kartu tersebut, melainkan menggunakan kartu yang dikeluarkan oleh , antara lain BRI (BRIZZI), BCA (Flazz), BNI (Tapcash, Kartu Aku, dan Rail Card), Mandiri (e-money, e-Toll Card, Indomaret Card, dan GazCard), DKI (JakCard), dan Mega (MegaCash).”

Sumber yang sama menerangkan, awalnya, pelanggan hanya melakukan transaksi tiket dengan cara tap in di barrier gate saat masuk ke dalam halte. Namun, per 17 Agustus 2016, pelanggan juga harus melakukan tap out saat keluar dari halte. Meski demikian, saldo uang elektronik hanya akan terpotong pada saat tap in (masuk ke halte), tidak ada perubahan tarif terkait dengan pemberlakuan tap out.

“Kartu dapat dibeli di bank penyedia kartu prabayar dan loket pada seluruh halte Transjakarta,” sambung perusahaan. “Sementara, pengisian saldo (jika habis) bisa dilakukan di ATM dan bank-bank terkait, serta loket halte. Kartu tersebut (kecuali untuk Bank DKI dan Bank Mega) juga dapat digunakan sebagai tiket commuter line atau KRL.”

Untuk menggunakan kartu ini, calon tidak perlu mengantre di loket halte dan cukup tap in di pintu masuk halte (barrier), lalu masuk ke dalam halte. Jika saldo habis, maka saat tap in, pintu barrier tidak dapat diputar dan pengguna kartu harus mengisi ulang terlebih dahulu di loket halte atau ATM dan merchant yang bekerja sama dengan bank yang bersangkutan.

Tarif Transjakarta sendiri dibedakan berdasarkan waktu pengoperasian. Pada pukul 05.00 WIB sampai 07.00 WIB, tarif angkutan ini dipatok Rp2.000, sedangkan tarif pukul 07.00 WIB sampai 24.00 WIB sebesar Rp3.500. Jika masyarakat bepergian pada pukul 24.00 WIB sampai 05.00 WIB, akan dikenakan tarif sebesar Rp3.500.

Loading...