Bisa Dibudidayakan Dengan Metode Tabulampot, Ini Harga Bibit Buah Jeruk

Harga, bibit, buah, jeruk, tabulampot, unggul, buahan, tanaman, varietas, jenis, budidaya, media, metode,Ilustrasi: buah jeruk (HDwallpaper.com)

Mengonsumsi buah-buahan secara rutin setiap hari memang sangat dianjurkan guna menjaga kesehatan. Selain dengan membelinya di buah, kita dapat menanam buah sendiri di rumah untuk menghemat pengeluaran.

Bagi Anda yang memiliki kendala dengan luas lahan, tak perlu khawatir karena bisa memanfaatkan teknik tabulampot (menanam buah di dalam pot). Keuntungan dari metode ini adalah tidak membutuhkan lahan yang luas. Karena bisa menanam di halaman rumah yang sempit.

Metode tabulampot memang tengah populer. Meskipun sebenarnya sudah berkembang sejak dahulu, sekarang lebih dikembangkan lagi menjadi lebih baik, dari sisi teknologi maupun jumlah jenis tanaman buah yang bisa dijadikan tabulampot. “Sampai 10 tahun lagi, tanaman (tabulampot) ini bakal tetap dicari, karena lahan pekarangan sebuah rumah akan makin sempit,” kata William Soejokto, pengusaha tanaman asal , dilansir dari Kontan.

Ada banyak sekali jenis buah-buahan yang bisa ditanam dengan menggunakan pot. Bahkan hampir semua jenis tanaman buah bisa ditanam dengan menggunakan pot, asal minimal diameter potnya adalah 50-60 cm (untuk jenis-jenis tanaman buah berbentuk ). Namun salah satu tanaman yang paling lazim ditanam di pot adalah .

Buah jeruk mempunyai varietas yang banyak sekali. Mulai dari jenis jeruk manis, jeruk nipis, jeruk limau dan masih banyak lainnya. Hampir semua varietas jeruk tersebut bisa dibudidayakan dengan metode tabulampot ini. Terlebih lagi ukuran tanaman yang tidak begitu besar dan buahnya yang muncul beberapa dalam satu tanaman membuatnya tampil menarik.

Masyarakat Tionghoa sering sekali memajang tabulampot jeruk nagami, jeruk kalamansi (calamondin), atau jeruk lemon cui yang dimilikinya yang sudah berbuah sehingga tampil menawan. Biasanya saat memasuki Tahun Baru Imlek. Oleh karena jeruk hias tersebut menjadi simbol atau khas Imlek, maka biasanya mereka disebut sebagai jeruk imlek.

Untuk mendapatkan hasil yang unggul dan produktif, pemilihan bibit jeruk berkualitas dianggap kian penting. Apalagi jika menanam buah jeruk untuk dijual lagi. Lebih bagus untuk menggunakan bibit dari okulasi karena mempunyai sifat yang sama dengan induknya. bibit buah jeruk saat ini berkisar antara Rp125 ribu untuk varietas jeruk , Rp88.000 untuk jeruk Sunkist Variegata, dan Rp85 ribu untuk bibit buah jeruk Santang.

Selain pemilihan bibit yang tepat, hal lain yang perlu diperhatikan adalah media tanam. karena media tanam yang bagus akan membuat pertumbuhan tanaman buah jeruk semakin optimal. Dalam hal ini dapat digunakan media tanam dengan campuran tanah, sekam dan pupuk kandang dengan perbandingan 1:1:1.

Karena tanaman jeruk sangat mudah terserang hama penyakit, maka dalam perawatannya harus dilakukan dengan baik. Selain jeruk, beberapa buah lainnya yang biasa dibudidayakan di dalam pot adalah mangga, rambutan, kelengkeng, sawo, anggur, strawberry, maupun jambu.

Loading...