Bikin Suasana Nyaman di Rumah, Berapa Harga Pewangi Ruangan?

Ruang Tamu - www.desainrumahnya.comRuang Tamu - www.desainrumahnya.com

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk membuat suasana tempat tinggal menjadi lebih nyaman dan rileks, satunya dengan memasang atau menyemprotkan pewangi . Saat ini, untuk mendapatkan pewangi pun tidak terlalu sulit. Pasalnya, sudah banyak merek pewangi yang di toko, minimarket, hingga supermarket dengan harga yang beragam.

Menurut laman News 18 Indiwo, ada banyak cara yang dilakukan untuk mendapatkan energi di rumah Anda. Selain membersihkan rumah, sering membuka pintu rumah, dan memelihara tanaman hias, pewangi ruangan juga dapat digunakan untuk memberikan mood kepada Anda dan . “Pemakaian pewangi ruangan seperti jeruk dan lemon dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik,” tulis laman tersebut.

Di samping memberikan energi positif, pewangi ruangan ternyata dapat digunakan sebagai salah satu cara untuk mencegah binatang berbahaya seperti ular masuk ke dalam rumah. Pasalnya, bau pewangi ruangan ini cenderung tidak disukai hewan melata tersebut sehingga ular yang masuk ke rumah akan keluar ruangan dengan sendirinya.

“Tutup pintu, kemudian setelah 10 menit, buka kembali pintu tersebut. Nantinya, ular akan keluar dengan sendirinya karena bau dari pewangi ruangan,” jelas Tyas, salah satu anggota komunitas Sioux Ular Indonesia. “Selain itu, pastikan juga rumah selalu dalam kondisi bersih dan minimalkan -barang yang menumpuk karena ini bisa membuat kondisi menjadi lembap yang biasanya disukai ular liar.”

Saat ini, sudah banyak merek pewangi atau pengharum ruangan yang dijual secara bebas. Merek Glade misalnya, dijual dengan harga sekitar Rp21 ribuan untuk Toilet Fresh Lavender 9 gram dan Glade Air Freshner Scented Gel Lavender 200 gram, serta Rp30 ribuan untuk Glade Automatic Spray Refill Ocean Escape 162 gram. Sementara, merek Stella ditawarkan dengan harga mulai Rp10 ribuan hingga Rp75 ribuan (versi matic), dan brand Mr. Muscle dipasarkan mulai Rp19 ribuan hingga Rp24 ribuan.

Meski demikian, yang perlu diingat, pewangi ruangan ternyata tidak disarankan untuk digunakan di dalam kabin mobil. Pasalnya, untuk pewangi ruangan yang menggunakan dasar minyak, saat masuk ke dalam evaporator, akan berpotensi mengembun karena dingin. Nah, embun itu akan menjadi bagi bakteri.

“Tidak heran ketika evaporator dibongkar setelah berumur 2 tahun, terdapat kotoran seperti lendir yang bernama biofilm. Biofilm itu mengandung bakteri, alga, dan jamur,” papar Vinsensius Ariel, Section Manager Thermal Division PT Denso Sales Indonesia. “Jadi, sebaiknya Anda tidak menggunakan pewangi ruangan di dalam kabin, terutama yang berbahan dasar cairan.”

Loading...