Bikin Produk Awet, Berapa Harga Pres Plastik Kedap Udara?

Pres Plastik Kedap Udara - www.bukalapak.comPres Plastik Kedap Udara - www.bukalapak.com

JAKARTA – Jika Anda bergelut dengan bisnis rumahan, terutama ringan, Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan pres (atau press) . Ini adalah yang memiliki utama untuk menyegel kemasan berbahan dasar agar lebih kedap udara. Di pasaran, pres kedap udara atau vacuum press sealer ini ditawarkan dengan berkisar ratusan ribu rupiah.

“Vacuum sealer atau alat pres plastik kedap udara merupakan alat yang berfungsi untuk mengemas dengan menghampakan udara di dalam kemasan,” tulis Rumah Mesin dalam resminya. “Alat ini akan membuat atau makanan tetap aman, awet (tahan lama), fresh, bersih, serta punya tampilan menarik.”

Sementara itu, menurut situs Benua Mesin, setidaknya ada tiga tipe alat pres plastik yang banyak digunakan oleh industri skala rumahan. Tipe pertama adalah hand sealer, yaitu alat untuk menyegel plastik kemasan horizontal. Kedua, mesin pres gelas plastik dengan sistem manual yang biasa digunakan oleh pengusaha es rumahan. Terakhir, adalah alat pres vacuum yang punya cara kerja mirip mesin vacuum sealer industri.

“Meski namanya alat pres plastik, sebetulnya alat ini juga bisa digunakan untuk mengemas aluminium foil,” tulis Benua Mesin. “Namun, pemakaian untuk kemasan plastik terbilang masih lebih populer. Alasannya, tentu saja harga kemasan plastik yang lebih terjangkau, selain lebih banyak produk yang dijual dalam wadah plastik, seperti keripik dan snack.”

Tidak susah mendapatkan pres plastik kedap udara. Anda bisa membelinya di berbagai toko peralatan atau bahkan situs jual beli online. Di pasaran dalam negeri, pres plastik dengan ukuran 20 cm sekarang dijual dengan harga berkisar Rp180 ribuan atau di bawahnya, sedangkan sealer merek Sinbo saat ini dilepas dengan harga Rp700 ribu hingga Rp800 ribuan.

Selain itu, ada juga merek vacuum sealer lainnya yang dijual di kisaran ratusan ribu rupiah. Produk dari Freshpack Pro misalnya, saat ini dilepas dengan harga Rp260 ribuan, sedangkan harga Impulse Sealer Q2-8200 berkisar Rp105 ribuan. Sementara, untuk dengan ukuran besar, seperti Continous Sealer FRB-770II, dijual di kisaran harga Rp4 jutaan.

Loading...