Bikin Presentasi Makin Mudah, WPS Dongle Projector Dibanderol Mulai Harga Rp 1,5 Jutaan

WPS Dongle Projector - www.optoma.comWPS Dongle Projector - www.optoma.com

Keperluan presentasi sebelumnya mungkin terasa begitu merepotkan karena diperlukan sederet seperti proyektor lengkap dengan kabel-kabelnya serta laptop sebagai sumber datanya. Kadang ada saja keterbatasan atau kendala yang mungkin menghampiri ketika hendak melakukan presentasi, contohnya kabel proyektor yang mungkin terlalu pendek atau bisa saja mengalami kerusakan. Nah, untuk mengatasi hal itu, berkembang berupa alat berukuran kecil yang dinamakan Wireless Presentation System alias WPS dongle. WPS dongle di , tergantung mereknya.

“Alat ini digunakan untuk menghubungkan 1 (satu) Projector/OHP melalui terminal VGA D-Sub (15-pin) ke /PC, notebook, Apple atau Windows tablet melalui koneksi wireless atau (WPS). Dengan alat ini, sangat memudahkan menampilkan isi presentasi dari layar komputer PC/Apple atau tablet/smartphone ke layar besar projector tanpa kabel dengan cara yang simpel dan mudah,” kata salah satu penjual WPS dongle di jual beli online.

Jadi, dengan sebuah alat kecil bernama WPS dongle ini para bisa menghubungkan laptopnya ke proyektor secara nirkabel atau tanpa kabel cukup dengan memanfaatkan konektivitas Wi-Fi yang ada di laptop masing-masing. Dengan demikian, proses presentasi pun menjadi lebih sederhana dan juga tidak perlu repot-repot memasang kabel di perangkat proyektor untuk dihubungkan ke laptop.

Setidaknya ada beberapa WPS dongle projector yang beredar di pasaran, misalnya saja Awind Wireless Presentation System WPS Dongle 2 (WGA-120) yang dijual dengan harga Rp 1.665.000, kemudian ada juga Microvision WD120 seharga Rp 2 jutaan, WPS Dongle NEC dengan harga Rp 1,5 jutaan, atau HDMI WPS Dongle Projector 2 USB Viewsonic VC10 seharga Rp 1,8 jutaan.

Perangkat WPS dongle yang kualitasnya baik biasanya tidak akan terlihat ‘delay’ atau adanya keterlambatan dalam menampilkan gambar bergerak atau film di layar proyektor, sehingga apa yang ditampilkan di laptop akan terlihat benar-benar sama dengan apa yang ada di layar proyektor. Namun perlu diingat bahwa harga WPS dongle projector di setiap toko komputer kemungkinan bisa saja berbeda-beda, tergantung merk dan kualitasnya.

Loading...