Bikin Pengecoran Lebih Halus, Berapa Harga Triplek Film 18mm?

Harga Triplek Film - www.bukalapak.comHarga Triplek Film - www.bukalapak.com

JAKARTA – Triplek film, seperti namanya, adalah triplek yang memiliki film di salah satu sisi atau kedua mukanya. Material ini sering digunakan dalam bidang konstruksi sebagai papan penahan coran (bekisting). Di pasaran, triplek film telah tersedia dalam beragam ukuran, mulai 6 mm, 9 mm, 12 mm, atau 18 mm, dengan berkisar ratusan ribu .

“Multipleks film adalah triplek yang memiliki lapisan plastik film di satu sisi atau kedua sisinya,” tulis PD Tata Makmur, yang berlokasi di Jakarta. “Dengan menggunakan multipleks film, hasil pengecoran akan lebih padat dan permukaannya lebih halus, karena dilapisi oleh plastik film. Selain itu, semen yang menempel pada triplek akan lebih mudah dibersihkan sehingga dapat digunakan berulang kali.”

yang bergerak dalam bidang plywood tersebut menambahkan, multipleks film setidaknya dapat dibagi menjadi dua , yaitu multipleks phenol film dan multipleks poly film. Multipleks phenol film adalah multipleks yang berlapis phenol film di atasnya, biasanya berwarna cokelat gelap atau hitam, dan memiliki ketahanan paling baik untuk pengecoran.

“Sementara, multipleks poly film adalah multipleks yang berlapis poly resin film di atasnya, biasanya berwarna bening atau warna-warna yang dibubuhkan ke dalam larutan resin,” sambung PT Tata Makmur. “Multipleks poly film memiliki permukaan yang sangat halus seperti kaca, sehingga hasil pengecoran pun sangat halus dan rata. Biasanya, ini dipakai untuk beton ekspose.”

Baik multipleks phenol film maupun multipleks poly film, umumnya memiliki ukuran 240 x 120 cm, dengan berbagai ukuran ketebalan, mulai 6 mm, 9 mm, 12 mm, 15 mm, dan 18 mm. Namun, apabila multipleks phenol film diklaim dapat digunakan berulang delapan sampai sepuluh kali, maka tipe multipleks poly film hanya dapat digunakan sebanyak empat sampai enam kali.

Tidak susah mendapatkan multipleks atau triplek film ini. Anda dapat membelinya di berbagai toko bahan bangunan maupun situs jual beli . Harga triplek film sendiri bervariasi, tergantung ukurannya. Untuk material yang memiliki ketebalan 18 mm, sekarang ditawarkan dengan harga sekitar Rp200 ribu sampai Rp250 ribuan per lembar.

Loading...