Bikin Mobil Kinclong, Ini Harga Pelapis Turtle Wax di Ace Hardware

Ilustrasi: rak display produk turtle wax di Ace Hardware (sumber: onmilwaukee.com)Ilustrasi: rak display produk turtle wax di Ace Hardware (sumber: onmilwaukee.com)

Menjaga penampilan merupakan bagian dari mobil. Tidak sedikit orang yang melakukan untuk mobil kesayangannya, termasuk melakukan waxing sendiri di rumah. Apalagi pada kondisi musim hujan yang rentan terjadinya waterspot di bodi kendaraan.

Arya Danu Pangayunan, penghobi , memberikan sedikit tips cara merawat mobil. Sebelum waxing kendaraan kesayangan, pemilik sebaiknya mengenali dulu karakter dan wax yang cocok. “Anda perlu mengetahui kendaraan. Tipe kendaraan perlu diketahui sebagai patokan dalam memilih produk perawatan yang cocok agar nantinya tidak menderita kerugian,” jelas Arya melalui blog pribadinya.

Tipe cat yang pertama adalah Nitro Celulose (NC) yang biasanya digunakan pada mobil di era tahun 80-an. Cat ini memiliki karakteristik yang tidak stabil dalam hal dan kilap, sehingga perlu sering di-wax. Arya menyarankan untuk jenis cat ini sebaiknya menggunakan wax berbahan silikon seperti Silicon Glaze Car.

Jenis cat yang kedua adalah Nitro Celulose Modified (NC Modified) yang biasa digunakan pada mobil-mobil di pertengahan era tahun 90-an. Secara keseluruhan tipe cat ini mirip dengan NC, namun dengan karakteristik warna yang lebih kuat dan stabil. Obat wax-nya pun juga tidak berbeda, masih menggunakan obat berbahan silikon seperti Silicon Glaze car.

Jenis terakhir adalah mobil berbahan dasar polyurethane (PU) yang biasa digunakan oleh mobil di tahun 2000 ke atas. Cat PU lebih kuat dibandingkan dua jenis sebelumnya, sehingga cukup menggunakan obat berbahan dasar organik atau carnauba. Banyak yang dibisa digunakan seperti Turtle Wax, Meguiar’s, Mother’s, Zymol, dan obat poles lainnya berbahan carnauba.

Nah, cat PU semacam merek Turtle Wax Metallic Car Wax (Liquid) ini sudah jamak ditemukan di pasaran dan perlengkapan otomotif, serta retail semacam Ace Hardware. berkisar antara Rp85 ribuan hingga ratusan ribu rupiah.

Lanjut berbicara soal pelapis, artinya wax pun termasuk dalam kategori pelapis. Di mana wax merupakan silicon based yang biasanya generic kit. Ada yang ketahanannya lama ada yang sebentar-sebentar luntur. Ada juga yang mengandung carnauba. Biasanya wax ini ada di kelas medium grade hingga high end grade tergantung harga. Untuk itu, kenali jenis pelapis wax untuk mobil kesayangan Anda. Ada beberapa jenis pelapis yang dijual ataupun digunakan oleh salon mobil.

Owner Shinestly Home Service Car Care, Aretho menyatakan, “Wax dengan standar ada Kit ataupun Sanpoly. Sedangkan untuk wax medium tersedia Meguiars ataupun Turtlewax. Dan untuk kasta wax tertinggi ada Zymol, Chemical Guy, Swissvax,” katanya kepada Tribun.

Ia pun menambahkan untuk wax berbahan polymer merupakan wax dengan teknologi tinggi biasanya ada di produk high end. “Ada yang polymer saja ada yang polymer nano. Tentunya dengan ketahanan yang lebih lama dan senyawa kimianya yang mampu menutupi dan mengisi pori-pori cat yang biasanya ditemui pada merek Meguiars, Automagic, Swissvax, Chemicalguy, dan Zymol,” jelasnya.

Aretho menjelaskan, wax tersebut dapat menutupi pori-pori karena aplikasi polymer harus menggunakan mesin poles rotary dengan low speed atau mesin poles dual action/orbital. Akan tetapi, perlu digaris bawahi wax hanya berada di atas permukaan cat saja, meski begitu ia tidak mudah terhapus air. “Sedangkan saat ini banyak salon yang menyebutkan wax berbahan ceramic, padahal pakai polymer nano mereka bilang ceramic. Tapi, ada juga yg ceramic menggunakan glass coating,” ujarnya.

Loading...