Bikin Jahitan Lebih Rapi, Berapa Harga Zip Sorok?

Zip sorok/invisible zipper (sumber: theremnantwarehouse.com)Zip sorok/invisible zipper (sumber: theremnantwarehouse.com)

JAKARTA – Anda mungkin masih asing dengan zip sorok. Ini adalah zip dari nilon yang berbeda dari ritsleting zip biasa, karena penutup kepala ritsleting terbalik dan ukurannya yang lebih kecil. Memiliki gigi ritsleting yang tersembunyi sehingga bisa membuat jahitan tampak lebih rapi, zip sorok sekarang berada di kisaran belasan ribu rupiah dan bisa Anda beli di berbagai situs jual beli online.

Zip sorok memang tidak terlalu populer di Indonesia. Tetapi, ini sudah terkenal di Negeri Jiran, Malaysia. Zip sorok layaknya ritsleting biasa, bermanfaat sebagai lubang atau pembuka pada celana maupun beberapa model . Bedanya dengan ritsleting biasa, zip sorok seolah tersembunyi sehingga membuat tampak lebih rapi dan bersih.

“Zip sorok juga dikenal sebagai zip sembunyi, hidden zip, concealed zip, zip susup, atau invisible zip,” tulis Karysma Store dalam situs resminya. “Ini adalah zip dari nilon yang berbeda dari ritsleting zip biasa, karena penutup kepala ritsleting terbalik dan ukurannya yang lebih kecil. Zip ini memiliki gigi ritsleting yang tersembunyi sehingga bisa membuat jahitan tampak lebih rapi.”

Meski nama atau istilahnya kurang begitu familiar, namun zip sorok ini mudah Anda temukan di berbagai situs jual beli online atau peralatan asal Malaysia. Hadir dalam beragam dan , harga zip sorok juga bervariasi. Zip sorok ukuran 8 inch misalnya, dengan harga mulai 4,25 ringgit atau Rp14.875 per 10 buah, sedangkan ukuran 12 inch dengan harga mulai 5,94 ringgit atau sekira Rp20.790 per 10 buah. Umumnya, penjual melayani pembelian minimal 10 pieces atau 100 pieces.

“Menjahit zip sorok memang tidak sama seperti menjahit ritsleting biasa. Jika Anda ingin memiliki hasil ritsleting yang cantik, maka Anda harus berlatih berkali-kali dan tidak perlu terburu-buru,” kata Nur Liza dalam blog pribadinya. “Saya sendiri praktis menjahit zip sorok dengan hasil yang buruk beberapa kali sebelumnya.”

Loading...