Bikin Interior Kece, Berapa Harga Bungkus Dashboard Mobil?

Ilustrasi : Salah satu desain bentuk dashboard mobil

JAKARTA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan pemilik kendaraan untuk mendapatkan suasana baru pada mereka. Salah satunya adalah memodifikasi bagian dashboard agar kelihatan lebih kece dan fresh. dashboard ini bisa dilakukan dengan membungkus bagian tersebut dengan sintetis atau kulit berwarna nge-jreng. Di sendiri, bungkus dashboard ini berkisar ratusan ribu rupiah.

Dikutip dari berbagai situs jual beli online di Indonesia, sudah banyak bengkel atau yang menawarkan bungkus untuk menutup dashboard mobil. Premium cover dashboard mobil dari bahan sintetis yang diklaim anti-selip sekarang dijual di kisaran harga Rp140 ribu sampai Rp170 ribuan. Sementara, penjual yang lain menawarkan bungkus dashboard dengan harga Rp200 ribuan hingga Rp280 ribuan.

Meski akan menghasilkan penampilan yang lebih keren, namun Anda perlu berhati-hati bila ingin melakukan modifikasi atau perubahan pada bagian dashboard mobil. Pasalnya, di balik dashboard mobil, ada banyak penghubung kerja, termasuk keamanan kantung udara (airbag) untuk mobil . Jika tidak berhati-hati, ada kekhawatiran bisa menghambat fungsi kantung udara.

“Hal ini perlu diperhatikan, sebab bisa saja pemilik atau bengkel kurang awas, menutup seluruh dashboard dengan pelapis sehingga menghalangi kerja kantung udara saat dibutuhkan,” papar Edy dari rumah modifikasi interior Vertue Concept, dilansir Kompas. “Memang belum ada pengujian, tetapi kami tidak pernah merekomendasikan melapisi dashboard. Kalau mau, lebih baik dicat saja.”

Melapisi dashboard memang harus dilakukan oleh , terutama ketika memakai bungkus dari kulit. Nah, jika Anda tidak begitu terampil dalam hal ini, bisa menggunakan jasa bengkel modifikasi. Banyak bengkel yang menawarkan pengerjaan pelapisan dashboard ini, dengan biaya berkisar Rp300 ribu hingga Rp500 ribuan, tergantung area dan tingkat kesulitan pemasangan.

Proses pengerjaan ini biasanya mencopot bagian dashboard mobil terlebih dahulu untuk memudahkan pelapisan. Setelah itu, dashboard ‘dikuliti’ sampai tampak busanya. Ketika dashboard ‘dikuliti’, akan terlihat juga dudukan kantung udara, dan bagian ini yang perlu diperhatikan. Setelah itu, dashboard di-amplas hingga halus sebelum bungkus dipasang.

Loading...