Bikin Gigi Rata, Berapa Harga Ortodonti Lepasan?

Penggunaan Kawat gigiIlustrasi : Penggunaan Kawat gigi - smileworks.id

JAKARTA – Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk memiliki senyum yang , terutama buat mereka dengan yang tidak rata. Nah, salah satu cara yang lazim digunakan adalah dengan ortodonti, atau biasa disebut kawat . Ada dua alat ortodonti yang bisa dipakai, yaitu ortodonti lepasan dan ortodonti cekat, dengan berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah.

“Untuk ortodonti lepasan, dapat melepas dan memasang sendiri alat ortodonti-nya, dengan kemampuan perawatan yang lebih sederhana dibandingkan dengan ortodonti cekat,” tutur drg. Yoan Hermawan, di HHDC Clinic, dilansir Detik Health. “Dan, untuk mendapatkan hasil yang maksimal, sangat tergantung dari kedisiplinan pasien dalam menggunakan alat tersebut. “

Alat perawatan ortodonti lepasan sendiri dapat digunakan pada -anak usia antara enam sampai 12 tahun.  Meski demikian, sudah bisa dilakukan perawatan ortodonti jika gigi tetap mereka sudah keluar dan ditemukan kondisi berjejal. Karena itu, penting bagi orang tua untuk terus memantau kondisi gigi .

“Kalau usia tujuh tahun gigi tetapnya sudah mulai keluar, ini harus dimonitor,” ujar drg. Irwin Lesmono, Sp.Ort, dari RSPI Pondok Indah. “Alat-alat ortodonti bisa dipasang saat gigi tetap pasien sudah ada yang keluar, tetapi tidak muat sehingga berjejal atau berantakan. Tetapi, semua kembali ke pemeriksaan dokter karena ini bukan rumus fix yang bisa diaplikasikan ke semua pasien.”

Ia menambahkan, umumnya, ketika gigi susu anak memiliki susunan yang terlalu rapat, maka bukan tidak mungkin gigi tetapnya akan muncul dengan posisi yang berantakan ketika anak beranjak . Sebaliknya, ketika gigi susu anak memiliki susunan yang jarang, maka ketika gigi tetap keluar akan punya ruangan sehingga tidak berjejal. “Biasanya, kebiasaan ngempeng, ngedot, atau menggigit jari dapat memicu gigi anak menjadi berjejal,” sambung drg. Irwin.

Untungnya, saat ini tidak terlalu susah mencari alat ortodonti, terutama yang lepasan. Anda bisa membeli peralatan ini di berbagai klinik perawatan gigi maupun situs jual beli . Di beberapa situs e-commerce, alat ini dengan harga Rp170 ribuan. Sementara, salah satu klinik gigi menawarkan ortodonti lepasan dengan harga sekitar Rp775 ribu sampai Rp1,5 jutaan.

Loading...