Bikin Gigi Lebih Rapi, Berapa Harga Kawat Gigi Invisalign?

Kawat Gigi Invisalign - dentrixdentalcare.comKawat Gigi Invisalign - dentrixdentalcare.com

JAKARTA – Selain behel atau kawat , cara lain yang bisa dilakukan untuk merapikan dan meningkatkan senyum adalah menggunakan invisalign. Dibandingkan dengan kawat biasa, invisalign dirancang untuk menjadi tidak terlihat. Karena itu, tidak mengherankan jika kemudian invisalign umumnya lebih mahal daripada kawat biasa.

“Sebenarnya, kedua tersebut sama-sama dirancang untuk meluruskan gigi dan meningkatkan kualitas senyum Anda,” tutur drg. Cory Sridjaja, Sp. Pros dari Hendra Hidayat Dental Clinic, dilansir Liputan6. “Namun, ada beberapa perbedaan yang membuat keduanya memiliki daya tarik. Penggunaan kawat gigi terdiri dari bracket yang menempel ke gigi dan diikat bersama wire dan karet gelang kecil.”

Sementara, untuk invisalign, ia menambahkan, baru dimulai sejak tahun 2000. ini sengaja dirancang untuk menjadi tidak terlihat. Aligner trays yang terbuat dari permukaan yang halus, nyaman, BPA-bebas plastik bening yang dikenakan di atas gigi Anda. “Singkatnya, invisalign tembus pandang,” sambung drg. Cory.

Sementara itu, dilansir Kompas, invisalign dikatakan sebagai suatu dagang dari ortodonti lepasan buatan AS yang berbentuk transparan. Metode yang digunakan invisalign yaitu menggunakan serangkaian dari plastik bening yang dibuat secara khusus untuk setiap individu, yang dipakai selama 20 sampai 22 jam sehari.

Dengan hasil yang lebih ‘kece’ daripada kawat gigi biasa, harga invisalign memang bisa dibilang relatif mahal. Audy Dental, dilansir dari situs resminya, melepas invisalign dengan harga berkisar Rp55 juta sampai Rp75 jutaan. Sementara, ada salah satu yang mengaku menghabiskan dana hingga 4.000 euro untuk studi gigi, invisalign 2 tahun, retainer, dan membersihkan gigi selama perawatan di . Meski demikian, di beberapa e-commerce lokal, ada pedagang yang menawarkan kawat invisalign dengan harga hanya Rp150 ribuan.

“Namun, tidak semua kasus gigi berantakan dapat diatasi dengan invisalign,” tulis Kompas. “Kasus-kasus yang dapat ditangani dengan invisalign hanyalah kasus ringan seperti kasus gigi berjejal yang sangat ringan atau gigi renggang sedikit. Jika kasus berat yang sudah melibatkan proses pencabutan gigi untuk memperoleh ruangan pada lengkung rahang, biasanya tidak menggunakan invisalign.”

Loading...