Banyak Diminati Pencari Kerja, Berapa Biaya Kursus di Yogya Design School?

Kursus Menjahit - beritasumbar.comKursus Menjahit - beritasumbar.com

pelatihan kerja (LPK) yang membuka berbagai kursus mulai dari kursus , kursus Bahasa , hingga kursus menjahit saat ini rupanya cukup diminati. Alasannya tentu karena orang-orang yang mempunyai kompetensi kerja di tentunya akan memiliki kesempatan untuk memperoleh lapangan kerja yang lebih besar. Kursus menjahit misalnya, saat ini sudah tersebar di berbagai daerah dengan yang variatif, tergantung dari jenis pelatihan atau kursus yang diambil.

Kegiatan kursus menjahit sendiri rupanya begitu diminati oleh masyarakat, terutama di Kabupaten Sukabumi. Keterampilan menjahit ternyata saat ini banyak dibutuhkan oleh puluhan garmen besar yang terletak di Sukabumi. “Dibanding yang lain, kursus menjahit paling banyak pesertanya,” kata Ketua Himpunan Penyelenggaraan Kursus (Hipki) Kabupaten Sukabumi, Budi Rahardjo, seperti dilansir Republika.

Lebih lanjut Budi memaparkan, peminat kursus menjahit di Sukabumi cukup tinggi karena lowongan kerja pada bidang tekstil atau garmen pun lebih banyak. Menurutnya ada ribuan lowongan pekerjaan yang tersebar di berbagai garmen. Tetapi sayang, karena dari ribuan lowongan kerja yang ada, penyerapan tenaga kerja masih terbilang kecil, yaitu ratusan orang saja. Dengan demikian masih banyak perusahaan yang membutuhkan tenaga kerja di bidang tekstil atau garmen.

Tren ini rupanya tidak hanya berlaku di Sukabumi, di Kota Yogyakarta pun peminat kursus menjahit sebenarnya cukup besar. Hal ini terlihat dari banyaknya tempat yang menawarkan kursus menjahit berkualitas, salah satunya seperti Yogya Design School (YDS). YDS berlokasi di Jalan Bausasran DN III No. 594, Yogyakarta. Namun sayang LPK yang telah berdiri sejak tahun 2004 silam ini kabarnya sudah tutup.

Selain YDS, banyak juga lembaga lain di Jogja yang membuka pelatihan serupa, misalnya Papmi Yogyakarta Fashion School, LKP Modista, hingga Adana Fashion Design. Sebagai , biaya kursus di Adana untuk kategori Fashion Desainer Plus (desainer + menjahit) ditarik sekitar Rp5,95 juta per 7 bulan dan bisa diangsur Rp850 ribu per bulan. Sementara itu untuk sekadar kursus privat biayanya relatif terjangkau, sekitar Rp1,25 juta dengan pertemuan sebanyak 12 kali sebulan.

Loading...