Berbeda dengan Legalisasi, Segini Kisaran Biaya Waarmerking

Ilustrasi: penandatanganan dokumenIlustrasi: penandatanganan dokumen

memiliki tugas dan kewenangan yang beragam. Tak hanya dalam urusan jual beli tanah saja, juga berwenang untuk mengesahkan suatu penting (legalisasi) hingga membukukan surat-surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus, atau yang biasa disebut dengan istilah waarmerking. Adapun waamerking antara satu notaris dengan lainnya bisa saja berbeda-beda.

Beberapa notaris menerapkan biaya waarmerking mulai dari Rp150 ribu per dokumen, bisa lebih. “Notaris merupakan pejabat umum yang berwenang untuk membuat akta otentik dan kewenangan lainnya sebagaimana dimaksud dalam ini (Pasal 1 angka 1 UUJN). Seorang notaris boleh menjalankan profesinya setelah diangkat oleh Departemen dan Hak Asasi Manusia,” kata Karlita Rubianti, SH, seorang notaris di Jakarta Selatan, seperti dilansir .

Namun demikian, sampai saat ini banyak masyarakat awam yang bingung membedakan antara legalisasi dengan waarmerking karena keduanya sama-sama berfungsi untuk mengesahkan suatu dokumen legal. Berdasarkan Pasal 15 ayat (2) huruf a UU Jabatan Notaris, notaris bukan hanya berwenang membuat akta otentik, tetapi juga memiliki wewenang untuk mengesahkan tanda tangan dan menetapkan kepastian tanggal surat di bawah tangan dengan mendaftarkannya dalam buku khusus.

Ketentuan tersebut adalah legalisasi terhadap akta di bawah tangan yang dibuat sendiri oleh para pihak yang terlibat untuk kemudian disahkan di hadapan notaris dan didaftarkan dalam buku khusus yang disediakan oleh notaris. Dengan demikian, tanggal penandatangan dokumen akan sama dengan tanggal legalisasi dari notaris.

Berbeda dengan legalisasi, waarmerking adalah di mana notaris membukukan surat di bawah tangan dengan mendaftar dalam buku khusus yang disediakan oleh notaris. Dalam waarmerking, notaris hanya akan mendaftarkan akta di bawah tangan yang telah ditandatangani para pihak yang terlibat ke dalam buku khusus. Dengan demikian, akta di bawah tangan tersebut tak ditandatangani langsung di hadapan notaris, melainkan telah ditandatangani sebelumnya. Oleh sebab itu, tanggal penandatanganan dan tanggal pendaftaran dokumen bisa berbeda.

Tujuan waarmerking biasanya untuk membuktikan bahwa selain para pihak yang terlibat, ada juga pihak lain yaitu notaris yang mengetahui kesepakatan para pihak yang tercantum dalam akta di bawah tangan tersebut.

Loading...