Biaya Variatif, Surabaya Punya Banyak Tempat Kursus Mengemudi yang Bagus

Kursus Mengemudi - okezone.com

Di sejumlah kota besar seperti Surabaya umumnya terdapat banyak tempat yang menyediakan mengemudi. Pasalnya gaya hidup orang perkotaan, terutama kota metropolitan biasanya lebih menyukai naik kendaraan pribadi, terutama kendaraan roda 4. Setidaknya ada beberapa mengemudi yang cukup di Surabaya, mulai dari Mengemudi Pintar, Djoen, Sie Bersaudara, Prima, Natuna, Pulung, dan masih banyak lagi. mengemudi di Surabaya pun bermacam-macam, tergantung durasi dan jenis mobil yang digunakan.

Sebagai contoh, di Sie Bersaudara biaya kursus menyetir dengan menggunakan mobil manual & automatic berkisar mulai dari Rp 750 ribu per (5 kali pertemuan @2 jam), kursus dengan mobil Grand Xenia, New Avanza, atau New Xenia bertransmisi manual biayanya Rp 600 ribu per , kemudian kursus dengan mobil Agya matic Rp 800 ribu per , atau dengan Avanza matic tarifnya Rp 850 ribu per .

Jika tanpa memilih paket, biaya per jam untuk kursus mengemudi mobil bertransmisi manual Rp 350 ribuan, sedangkan untuk mobil automatic Rp 450 ribuan. Biaya yang diterapkan di setiap penyedia jasa kursus biasanya sangat variatif dan jadwal kursus bisa ditentukan sendiri oleh sang peserta.

Di daerah lain rupanya kursus mengemudi dijadikan sebagai ladang bisnis yang cukup menguntungkan. Di Depok misalnya, bisnis The Real Driving Center (RDC) sampai menawarkan kemitraan dan telah mempunyai 3 mitra yang tersebar di Cibinong, Bogor, dan Pondok Labu. Beberapa tahun lalu dengan paket mulai dari Rp 150 juta, mitra akan mendapat kantor, sewa tempat 1 tahun, franchise fee, pelatihan manajemen, dan software, hingga DP untuk 2 mobil yang digunakan operasional kursus.

Marcell Kurniawan, pemilik RDC mengungkapkan, dengan asumsi 30 siswa mengikuti kursus setiap bulan, maka mitra dapat meraup Rp 28 juta setiap bulan dan nantinya dikenai royalti 5% per bulan. Jika dikurangi gaji karyawan, biaya operasional, cicilan mobil, dan biaya royalti, maka mitra diperkirakan dapat meraup laba bersih 20%. “Dengan begitu mitra bisa balik modal dalam waktu dua tahun,” katanya.

Loading...