Ingin Jadi Konsultan Pajak Resmi? Segini Biaya Ujian USKP yang Harus Disiapkan

Konsultan Pajak yang Profesional - stillanewspaperman.comKonsultan Pajak yang Profesional - stillanewspaperman.com

Menjadi yang dan terampil rupanya bukan hanya ditempuh melalui sarjana saja. Untuk dinyatakan legal sebagai konsultan pajak dan membuka kantor sendiri, rupanya calon konsultan pajak juga harus mengikuti ujian sertifikasi konsultan pajak (USKP). Biaya ujian USKP sendiri bervariasi, tergantung brevet atau sertifikat yang diambil.

“Untuk menjadi konsultan pajak, harus memiliki Brevet (Sertifikat) A, B, dan C. Brevet merupakan Ujian Sertifikasi Konsultan Pajak (USKP). Brevet A, memberikan bekal kepada calon konsultan pajak agar mampu menghitung pajak usaha perorangan,” kata Moch. Abdul Sjuchur SH. MM., instruktur Tax Training Center (TTC) atau Lembaga Pendidikan Brevet Pajak di Semarang, seperti dilansir dari resmi Universitas Muria Kudus (UMK).

Sjuchur menambahkan, untuk Brevet B ditempuh supaya calon konsultan pajak mengerti dan mampu menghitung pajak badan, sedangkan Brevet C supaya konsultan pajak mampu menghitung pajak . “Apabila sudah lulus Brevet A, itu sudah bisa membuka kantor konsultan. Syaratnya, lulusan D3 Akuntansi, D3 Pajak, atau S1 segala jurusan,” sambung Sjuchur.

Adapun biaya pendaftaran untuk sertifikasi A, B, maupun C dipatok seragam, yakni Rp500 ribu. Sementara itu, untuk biaya ujian sertifikasi A bagi peserta baru adalah Rp2,5 juta atau Rp500 ribu per mata ujian bagi peserta yang mengulang (maksimal Rp2 juta). Kemudian untuk sertifikasi B biaya ujian baru Rp3,5 juta atau jika mengulang tarifnya Rp800 ribu per mata ujian (maksimal Rp3 juta). Biaya ujian USKP sertifikasi C bagi peserta baru Rp5,5 juta dan bagi yang mengulang Rp1,6 juta per mata ujian (maksimal Rp4 juta).

Jika peserta sudah lulus ujian brevet atau USKP, maka sang konsultan pajak harus mendaftarkan dirinya di Ikatan Konsultan Pajak Indonesia (IKPI) untuk keanggotaan. “’Jika semua sudah terpenuhi, baru ke Kantor Pajak untuk mendapatkan surat izin sebagai konsultan pajak. Surat izin ini harus diperbaharui dua tahun sekali,” tandas Sjuchur.

Terkait materi, , , dan rekening untuk pembayaran ujian USKP biasanya diumumkan secara rinci melalui website resmi ikpi.or.id. Biaya ujian USKP tersebut dapat mengalami perubahan sewaktu-waktu.

Loading...