Penting untuk Fondasi Bangunan, Berapa Biaya Sondir Tanah?

Biaya Sondir Tanah - (YouTube: CV. Optima Struktur Desain)Biaya Sondir Tanah - (YouTube: CV. Optima Struktur Desain)

Saat hendak membangun suatu bangunan, sebaiknya dilakukan pengujian yang komprehensif terlebih dahulu seperti sondir agar nantinya bisa menghasilkan bangunan yang kokoh dan aman dari segi konstruksinya. Biaya sondir sendiri cukup , berkisar antara Rp1,25 juta hingga Rp1,5 jutaan per titik. Namun, beberapa penyedia sondir biasanya menawarkan untuk minimal 2 titik dan bisa berbeda-beda antara satu dengan lainnya.

Sondir atau uji sondir meliputi beberapa hal, yakni mobilisasi dan akomodasi alat sondir, sondir dan dokumentasi, grafik hasil uji sondir QC dan FR, hingga rekomendasi geoteknik pondasi dangkal dan pondasi dalam. “Pengujian sondir adalah suatu uji penekanan yang dilakukan untuk menganalisa daya dukung tanah dan mengukur kedalaman lapisan tanah keras atau pendukung yang biasa disebut tanah sondir,” kata salah satu penyedia jasa sondir tanah.

“Dengan mengetahui kedalaman tanah keras (sondir) yang akan dijadikan pijakan untuk tiang pancang atau pile maka kontraktor dapat membuat desain fondasi yang sesuai dengan standar keamanan untuk menyokong kolom bangunan. Sehingga fondasi tetap kuat menahan beban bangunan yang ada di atasnya dan tidak mengalami penurunan (settlement) karena dapat membahayakan keselamatan penghuni dan kestabilan bangunan,” imbuhnya.

Uji sondir termasuk dalam pengujian tanah (soil test) yang perlu dilakukan sebelum pekerjaan konstruksi. Pasalnya, banyak kasus kegagalan struktur akibat kontur tanah yang labil karena sebelum proses pembangunan tidak menjalani pengujian sondir terlebih dahulu. Alhasil, pondasi bangunan jadi tidak stabil dan berisiko membuat bangunan ambruk.

Jika melaksanakan pengujian sondir, maka kontraktor bisa membuat desain pondasi yang aman dengan melihat karakteristik tanah yang hendak dijadikan tempat untuk membuat bangunan. Tetapi, untuk melakukan uji sondir tentunya dibutuhkan alat bantu khusus.

Dengan melakukan sondir tanah, maka kita bisa mengetahui kedalaman lapisan tanah keras serta mengetahui sifat daya dukung maupun daya lekat tanah di setiap kedalaman. Pengujian sondir juga dilakukan guna mengetahui perlawanan geser tanah dan penetrasi konus atau perlawanan dari bawah.

Loading...