Cukup Murah, Ini Kisaran Biaya Tes DNA di Jakarta

Biaya Tes DNA - pop.inquirer.netBiaya Tes DNA - pop.inquirer.net

DNA atau deoxyribonucleaic kerap dilakukan untuk mengungkapkan identitas seseorang, misalkan dia keturunan siapa. Selain itu, uji ini juga bisa digunakan untuk memeriksa riwayat . Sering dinilai mahal, nyatanya untuk melakukan DNA paket lengkap lumayan murah dan sudah dapat Anda lakukan di beberapa dan klinik kesehatan di Jakarta dan sekitarnya.

Dilansir dari CNN Indonesia, untuk mengidentifikasi DNA, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan. Seluruh umumnya mengikuti aturan yang sesuai dengan panduan dari Scientific Working Group of DNA Analysis Method dan rekomendasi dari DNA International Society of Forensic Genetics. Metodenya terdiri dari pengumpulan sampel, ekstraksi sel, pemisahan DNA, penyalinan DNA, dan pengujian DNA.

“Prosedurnya cukup sederhana, hanya membutuhkan air liur,” jelas Product Marketing PT Cordlife Persada, Talitha A. Prameswari, dilansir Antara. “Cukup meludah saja di tabung yang sudah disediakan. Hubungi Cordlife kembali, akan kami kirim ke laboratorium kami di Jepang. Hasilnya keluar lewat email. Untuk waktunya, sekitar satu bulan.”

Sementara, untuk tes DNA, Talitha mengatakan bahwa biaya yang ditawarkan beragam, tergantung pada tes yang dilakukan. Untuk tes genetik menyeluruh misalnya, harga yang ditawarkan untuk satu kali pemeriksaan ini sekitar Rp8 juta. “Total ada 360 panel penyakit yang dicek melalui pemeriksaan lebih dari 1.400 gen,” sambung Talitha.

Biaya tes DNA di lembaga atau klinik kesehatan lain tidak jauh berbeda. Di Global Doctor Indonesia yang berlokasi di Jakarta Timur misalnya, menurut laporan Alodokter.com, biaya tes DNA dipatok mulai Rp6,5 jutaan. Sementara, untuk melakukan tes DNA di Polri & Eijkman Institute for Molecular Biology, dibutuhkan biaya sekitar Rp7,5 jutaan.

Apabila biaya tersebut Anda rasa masih terlalu mahal, saat ini ada yang menawarkan layanan tes DNA berbasis internet. PT Global Genetika Indonesia atau Genetics Indonesia pada tahun 2019 kemarin meluncurkan DNAku, sebuah layanan untuk masyarakat yang tertarik mengetahui gaya hidup mereka berdasarkan profil genetiknya. Untuk pembelian satu kit, dipatok dengan harga hanya Rp1,4 jutaan, sedangkan masing-masing modul ditawarkan Rp499 ribuan.

Loading...