Bertujuan Memeriksa Kekebalan Tubuh, Berapa Biaya Tes CD4 di Prodia?

Biaya Tes CD4 - www.1310news.comBiaya Tes CD4 - www.1310news.com

Tes CD4 adalah pemeriksaan untuk menentukan seberapa baik sistem kekebalan bekerja pada seseorang yang sudah didiagnosis mengidap human immunodeficiency virus (HIV). CD4 sendiri merupakan sel putih yang berperan penting dalam memerangi infeksi. Sel-sel CD4 juga disebut T-limfosit, T-sel, atau sel T-helper. Tes CD4 bisa dilakukan di berbagai klinik, , atau seperti di Prodia.

Sebagai , di Lab Klinik Prodia biaya tes CD4 sebelumnya berkisar Rp126 ribuan dan kini naik jadi sekitar Rp250 ribu untuk sekali tes. Biaya tes CD4 memang cukup . Namun bagi masyarakat luas yang juga ingin melakukan tes HIV pun tak perlu resah. Pasalnya, pelayanan ini kabarnya juga dapat dilakukan di Puskesmas dan termasuk pemeriksaan yang ditanggung oleh BPJS .

Dokter Fitria Pratiwi, Pemegang Program Jiwa, Napza, dan HIV Puskesmas Kecamatan Cilandak menyebutkan, bagi masyarakat yang ingin tes HIV di puskesmas dapat mendaftarkan diri terlebih dahulu di bagian administrasi. Jika memiliki BPJS, maka biaya pendaftaran gratis. Namun, apabila merupakan pasien umum dan tidak punya BPJS, maka biaya untuk pendaftaran ditarik sebesar Rp5 ribu.

Saat proses pendaftaran di bagian administrasi, pasien hanya diminta KTP untuk melakukan pendataan. Kemudian pasien bisa datang ke Poli Konseling. Di ruangan tersebut, pasien akan bertemu dengan dokter atau konselor HIV yang siap untuk menemani selama prosedur tes HIV berlangsung.

“Di Poli Konseling, yang dilakukan itu biasanya dokter atau konselor akan mendata Anda dan menanyakan apa tujuan utama Anda ingin tes HIV. Tahapan ini dinamakan counseling pra-test,” papar dr. Fitri, seperti dilansir Okezone.

Apabila sudah melakukan konseling pra-test, pasien akan diarahkan melakukan pengambilan darah untuk tes HIV di ruangan laboratorium. Usai pengambilan darah, pasien akan bertemu lagi dengan dokter atau konselornya. Pembacaan hasil tes HIV sendiri di Puskesmas Cilandak dilakukan sehari usai tes HIV. “Jadi, setelah ambil darah, pasien baru bisa lihat hasilnya besok harinya. Pembacaan tes dilakukan sangat rahasia dan dilakukan dengan dokter atau konselornya,” jelasnya.

Loading...