Biaya Tergantung Kesulitan Desain, Jasa Pembuatan Cincin Emas Custom Kini Diminati

Cincin emasCincin emas - www.moneysmart.id

Bagi sebagian orang, dari adalah sesuatu yang sangat personal. Tak heran bila beberapa orang biasanya ingin memiliki emas seperti kalung, gelang, atau cincin custom yang desainnya benar-benar lain daripada yang lain, terutama untuk urusan cincin kawin atau cincin tunangan. pembuatan cincin emas di biasanya ditentukan dari cincin itu sendiri.

Sebagai contoh, di salah satu pengrajin perhiasan emas yang ada di Yogyakarta mematok biaya atau ongkos jasa pembuatan cincin emas per 1 buahnya sebesar Rp 350 ribu, namun untuk biaya bikin cincin emas sepasang (2 buah) ternyata lebih murah, Rp 675 ribu saja. Ada juga yang menarik atau jasa pembuatan cincin emas sekitar Rp 500 ribu hingga Rp 750 ribu, tergantung tingkat kesulitan desainnya.

“Pengerjaan cincin kawin memerlukan tingkat kehati-hatian yang tinggi karena pada umumnya pembeli kerap meminta adanya ukiran nama dan juga cincin yang tentunya berbeda setiap orangnya,” kata Fendy, salah seorang penjual emas di Cikini Gold Center, Jakarta Pusat, seperti dilansir Detik.

Fendy menuturkan, biaya pembuatan cincin emas di tokonya dihitung per gram, berkisar antara Rp 60 ribu hingga Rp 100 ribuan per gramnya. “Sedikitnya dibutuhkan waktu hingga 2 minggu untuk memperoleh cincin kawin yang sesuai dengan permintaan pembeli. Selama 2 minggu pengerjaan cincin kawin dilakukan mulai dari membentuk lingkar cincin sesuai dengan ukuran pembeli hingga ukiran nama,” sambung Fendy.

Jenis logam mulia yang kerap dijadikan bahan baku pembuatan cincin untuk pernikahan atau pertunangan pun ada bermacam-macam pilihannya, mulai dari emas kuning atau emas putih kadar 25%, 30%, 40%, 50%, 75%, 20 karat, dan 22 K, kemudian ada juga bahan palladium, hingga platinum kini juga mulai dilirik oleh para calon mempelai pengantin.

Jadi, misalnya saja jika ingin memesan cincin emas kuning 22 karat dengan berat 4 gram, maka rinciannya adalah harga cincin emas kuning 22K Rp 560 ribu x 4 gram, ditambah dengan ongkos pembuatan Rp 350 ribu, totalnya Rp 2,59 juta.

Loading...