Biaya Tembus Rp6 Juta Sekali Perawatan, Kemoterapi Masih Efektif Usir Sel Kanker?

Kemoterapi - lifestyle.kompas.comKemoterapi - lifestyle.kompas.com

Kemoterapi hingga saat ini masih digunakan untuk membunuh dan mencegahnya berkembang. Namun, sebuah penelitian mengatakan bahwa yang memakan biaya mulai Rp2 juta sampai Rp6 juta untuk sekali tersebut justru menyebabkan sel kanker menyebar, sekaligus menciptakan kanker baru yang lebih agresif.

Seperti diberitakan Independent, para peneliti dari AS menuturkan bahwa dalam jangka pendek, kemoterapi memang terbukti mampu memperkecil tumor. Namun, obat dalam kemoterapi justru bisa meningkatkan kemungkinan berpindahnya sel-sel kanker ke bagian tubuh yang lain, serta dapat memicu ‘perbaikan’ yang membuat sel-sel tersebut berkembang makin kuat.

Menurut studi yang dilakukan oleh peneliti dari Albert Einstein College of Medicine di New York, AS, beberapa ‘pintu’ dalam pembuluh darah yang membawa sel-sel kanker menyebar ke seluruh tubuh meningkat pada 20 orang pasien yang menjalani kemoterapi untuk kanker payudara. Sel-sel kanker yang menyebar ke bagian tubuh yang lain ini menyebabkan tersebut meningkat menjadi stadium yang lebih tinggi, atau kanker payudara metastatis.

“Tetapi, hasil penelitian ini bukan untuk membuat para pasien kanker menghindari metode kemoterapi,” papar dokter George Karagiannis, sekaligus ketua tim peneliti. “Penelitian tersebut bertujuan untuk memberikan pengawasan yang lebih ketat pada pasien kanker, untuk melihat pergerakan dan penyebaran sel kanker.”

Penelitian yang dipublikasikan di jurnal Science Translational Medicine memang hanya menyelidiki penyebaran sel kanker yang diobati dengan kemoterapi pada kanker payudara. Sebelumnya, pada tahun 2012 lalu, penelitian yang dilakukan oleh Fred Hutchinson Cancer Research Center di Seattle, AS menunjukkan bahwa kemoterapi justru mengaktifkan sel sehat untuk memicu tumor.

Biaya untuk pengobatan kanker secara medis sendiri masih sangat mahal. Rata-rata, biaya yang dikeluarkan berkisar Rp102 juta sampai Rp106 juta per bulan. Untuk sampai diagnosis awal, biaya yang dibutuhkan sudah mencapai Rp10 juta. Lalu, jika kanker bisa dioperasi, minimal dibutuhkan biaya Rp25 juta sampai Rp29 juta, selain masih harus ada radiasi dan kemoterapi dengan biaya Rp2 juta sampai Rp6 juta untuk sekali terapi.

Loading...