Berguna untuk Pemeriksaan Kondisi Usus Besar, Berapa Biaya Lopografi?

Biaya Lopografi - aspire.sharesinv.comBiaya Lopografi - aspire.sharesinv.com

Permasalahan pada usus memang tak boleh dianggap sepele. Bagian dari pencernaan manusia ini memegang peranan cukup penting untuk menjaga metabolisme seseorang. Jika ada suatu masalah pada usus, terutama bagian usus besar, biasanya akan direkomendasikan untuk menjalani tertentu seperti lopografi. pemeriksaan yang merupakan pengembangan dari teknik rontgen ini kabarnya bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

Di RSUD Dr (HC) Ir Soekarno Bangka Belitung misalnya, atau biaya pemeriksaan lopografi bisa mencapai Rp800 ribu untuk sekali periksa. Sebagai , lopografi merupakan teknik pemeriksaan usus besar manusia, terutama bagian akhir usus besar, dengan menggunakan kontras yang dimasukkan lewat lubang buatan di perut. Sinar-X lalu akan menangkap gambar usus supaya kondisi usus besar dapat diamati secara lebih jelas.

“Tujuan pemeriksaan ini adalah menemukan kelainan-kelainan pada dinding maupun rongga usus besar. Biasanya dokter merekomendasikan pemeriksaan ini bila dokter mencurigai kondisi seperti polip, tumor, maupun kelainan bawaan tertentu,” demikian seperti dilansir Hellosehat.

Saat hendak menjalani pemeriksaan lopografi, ada sejumlah persiapan yang perlu dilakukan oleh sang pasien. Tujuan dilakukan persiapan ini supaya kotoran dalam usus besar tak menumpuk terlalu banyak dan tak mengganggu pemeriksaan. Biasanya beberapa persiapan yang harus dilakukan adalah mengatur makanan yang boleh dimakan oleh pasien. Pasien disarankan untuk mengonsumsi makan lunak dan rendah lemak supaya tak terjadi gumpalan feses di usus besar.

Kemudian pasien juga disarankan untuk minum cairan yang banyak supaya memudahkan keluarnya feses dari usus sekaligus menjaga konsistensi feses supaya tetap lunak. Jika diperlukan, dokter juga akan memberi obat pencahar pada pasien untuk mengeluarkan sisa-sisa kotoran atau feses dari usus besar. Dengan demikian, pemeriksaan lopografi ini bisa berlangsung dengan maksimal dan memberikan hasil yang akurat.

Meski pemeriksaan ini bisa menjadi pemeriksaan awal sebelum tindakan biopsi atau pencitraan lain, sejumlah tenaga medis kabarnya mulai banyak meninggalkan pemeriksaan lopografi. Dengan kemajuan , umumnya tenaga medis lebih banyak yang memakai pemeriksaan lebih canggih seperti kolonoskopi dengan memasukkan selang dan kamera langsung dalam usus besar. ini kabarnya bisa menghasilkan situasi live (langsung) dalam rongga usus sang pasien.

Loading...