Alternatif untuk Meringankan Beban Cicilan, Berapa Biaya Take Over KPR BTN?

Biaya Take Over CicilanBiaya Take Over Cicilan

Memiliki dengan kredit pemilikan (KPR) sejak beberapa tahun belakangan begitu diminati oleh generasi milenial. Terlebih karena saat ini juga ada sistem take over atau pemindahan KPR yang sedang berjalan ke lain untuk alternatif meringankan beban biaya . Salah satu yang menyediakan take over KPR adalah BTN.

Take over KPR biasanya dilakukan oleh yang merasa beban cicilan terlalu berat lantaran mengambang yang sudah berlaku usai masa fix atau flat habis. Di BTN misalnya, menawarkan beberapa kelebihan pada produk KPR-nya. Misalnya saja plafon kredit bebas, jangka waktu bisa sampai 25 tahun, suku kompetitif, proses cepat dan mudah, dicover dengan asuransi jiwa kredit dan kebakaran, serta bekerja sama dengan banyak rekanan developer.

Sebagai , untuk plafon Rp250 juta – Rp1,5 miliar bagi debitur fixed income dengan masa fix 2 tahun dikenai suku bunga promosi sebesar 8,88%. Sedangkan untuk debitur non fixed income untuk semua maksimal kredit dengan masa fix 1 tahun suku bunganya sebesar 10%.

Menurut Perencana Keuangan Mitra Rencana Edukasi Andy Nugroho, ada sejumlah hal yang harus diperhatikan saat akan melakukan take over atau pemindahan KPR. Andy mengatakan, take over KPR membutuhkan waktu yang cukup lama karena nasabah harus mengurus dokumentasi administrasi dari bank sebelumnya, lalu dilanjutkan dengan mengajukan aplikasi untuk KPR di bank yang baru. “Estimasi waktu sampai semua proses selesai bisa sampai 2 minggu atau satu bulan,” ujar Andy, seperti dilansir Detik.

Tak hanya butuh waktu yang lama, nasabah juga perlu membayar biaya penalti di bank yang lama dengan besaran antara 1-3% dari outstanding kredit yang diperoleh. Kemudian, nasabah harus menyiapkan biaya untuk mengurus dokumen-dokumen di bank yang baru sekitar 7% dari KPR yang diberikan.

Untuk mengajukan permohonan KPR BTN, setidaknya nasabah harus datang ke Kantor Cabang BTN terdekat. Kemudian, isi formulir aplikasi permohonan, melengkapi seluruh berkas persyaratan. Jika pengajuan kredit disetujui, siapkan biaya pra-realisasi kredit pada rekening tabungan, serta proses penandatangan perjanjian kredit dan akta jual beli.

Loading...