Layani Pemeriksaan Covid-19, Berapa Biaya Swab Test di Prodia?

Ilustrasi : Petugas melakukan Tes Swab kepada pasien - inews.id

Rapid test dan swab (PCR) sampai sekarang masih menjadi syarat bagi masyarakat Indonesia yang ingin bepergian antar kota maupun ke luar negeri. Dibanding rapid test atau cepat, pengetesan swab test dinilai relatif lebih akurat untuk mengetahui apakah seseorang bebas (-19) atau tidak. Swab test dapat dilakukan di berbagai rumah sakit atau laboratorium seperti Lab Prodia dengan variatif.

Prodia memiliki yang tersebar di berbagai penjuru Indonesia, mulai dari Jakarta, Surabaya, Makassar, Manado, Solo, Medan, Semarang, dan masih banyak lagi. Adapun biaya swab test di Prodia berkisar antara Rp1,8 juta hingga Rp2,5 jutaan untuk sekali pemeriksaan tes PCR yang memiliki masa berlaku hingga dua minggu (14 hari). Harga tersebut sudah termasuk dengan pre dan post konsultasi dengan dokter. Sedangkan untuk rapid test di Prodia atau harganya berkisar mulai Rp150 ribu.

PT Prodia Widyahusada Tbk (PRDA) mengungkapkan bahwa pihaknya dapat mengadakan pemeriksaan tes Polymerase Chain Reaction (PCR) sekitar 400 sampai 500 tes setiap harinya. “Saat ini sudah terjadi lonjakan sekitar 3 kali lipat sejak kami secara resmi mendapatkan izin untuk melakukan tes PCR. Hal ini juga disebabkan karena pembukaan kembali moda transportasi khususnya penerbangan dalam menghadapi situasi new normal,” kata Corporate Secretary Assistant Manager PRDA Dinar Primasari, seperti dilansir Kontan.

Menurut Dinar, permintaan pemeriksaan terkait Covid-19 banyak berasal dari Sulawesi, Sumatera, Kalimantan, dan Jawa Tengah. Pihak Laboratorium Prodia sendiri sudah menyediakan pemeriksaan tes PCR di 286 outlet-nya yang tersebar di 127 kota dan 34 provinsi.

Dalam waktu dekat Lab Prodia pun fokus untuk meningkatkan efisiensi (advancement) dan kinerja penyelenggaraan tes PCR supaya hasil tes Covid-19 bisa diketahui dengan lebih cepat. “Saat ini, dibutuhkan kurang lebih 3 sampai 5 hari untuk mengetahui hasil tes pemeriksaan PCR. Diharapkan dengan adanya metode yang lebih advance, kami dapat mengeluarkan hasil PCR dalam waktu 1 hari,” ujar Dinar. Sedangkan untuk hasil rapid test bisa keluar dalam waktu 2-3 jam saja setelah pemeriksaan.

Loading...